PELAKSANAAN PEMBAGIAN KERJA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA TAHUN 2018

KRISTININGSIH, ANISA (2019) PELAKSANAAN PEMBAGIAN KERJA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA TAHUN 2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (3528Kb)

    Abstract

    Anisa Kristiningsih. PELAKSANAAN PEMBAGIAN KERJA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DI UNIT PELAKSANA TEKNIS PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA TAHUN 2018. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maret 2019. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembagian kerja di Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Universitas Sebelas Maret Surakarta. (2) Menguraikan hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan pembagian kerja di Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Universitas Sebelas Maret Surakarta. (3) Mengetahui upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan yang dialami dalam pelaksanaan pembagian kerja di Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Strategi penelitian yang digunakan yaitu strategi tunggal terpancang. Sumber data yang digunakan meliputi informan, tingkah laku dan tempat penelitian, serta dokumen. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik Snowball Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, serta analisis dokumen dan arsip. Uji validitas data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Universitas Sebelas Maret Surakarta telah melaksanakan pembagian kerja, dengan mempertimbangkan beberapa aspek, antara lain aspek penempatan pegawai, beban kerja, spesialisasi pegawai, dan kejelasan tugas. Pedoman pembagian kerja yang digunakan yaitu Peraturan Rektor Universitas Sebelas Maret Nomor 20 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Perpustakaan pada Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Universitas Sebelas Maret. (2) Hambatan-hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan pembagian kerja yaitu penempatan pegawai yang belum sesuai dengan latar belakang pendidikan, adanya pandangan territorial imperative pada pegawai, dan sulitnya menjaga komitmen organisasi pada diri pegawai. (3) Upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan pembagian kerja yaitu melakukan diklat dan orientasi kerja, kemudian meningkatkan kerjasama antar pegawai, serta adanya bimbingan, arahan, dan motivasi dari pimpinan kepada setiap pegawai. Kata Kunci : pembagian kerja, kinerja pegawai.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Administrasi Perkantoran
    Depositing User: Haqq Muhammad Hendra Nailul
    Date Deposited: 22 Jun 2019 09:42
    Last Modified: 22 Jun 2019 09:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43824

    Actions (login required)

    View Item