PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN PEMINATAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN (PAP) KELAS XI DI SMK N 1 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2017/2018

AYUMI, MULIYANA (2019) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN PEMINATAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN (PAP) KELAS XI DI SMK N 1 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (186Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Muliyana Ayumi. K7412122. PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN PEMINATAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN (PAP) KELAS XI DI SMK N 1 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Desember 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya: (1) pengaruh kompetensi mengajar guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran kelas XI di SMK N 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2017/2018; (2) pengaruh peminatan siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran kelas XI di SMK N 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2017/2018; (3) pengaruh keterampilan mengajar guru dan peminatan siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran kelas XI di SMK N 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasinya adalah siswa kelas XI SMK N 1 Karanganyar tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 136 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket yang didukung dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran (PAP) siswa kelas XI SMK N 1 Karanganyar tahun ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan dengan harga thitung > ttabel yaitu 7,112 > 1,669 dengan taraf signifikansi 5%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan peminatan siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran (PAP) siswa kelas XI SMK N 1 Karanganyar tahun ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan dengan harga thitung > ttabel yaitu 3,138 > 1,669 dengan taraf signifikansi 5%; (3) terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan mengajar guru dan peminatan siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran (PAP) siswa kelas XI SMK N 1 Karanganyar tahun ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan dengan harga Fhitung > Ftabel yaitu 57,911 > 3,14 dengan taraf signifikansi 5%. Kata Kunci: keterampilan mengajar guru, peminatan siswa, dan prestasi belajar. ABSTRACT Muliyana Ayumi. K7412122. THE EFFECT OF TEACHER’S TEACHING SKILLS AND STUDENT SPECIALIZATION TO THE LEARNING ACHIEVEMENT OF INTRODUCTION TO OFFICE ADMINISTRATION ON GRADE XI OF SMK N 1 KARANGANYAR IN ACADEMIC YEAR 2017/2018. Skripsi, Surakarta: Faculty of Teacher Training and Education Sebelas Maret University, November 2018. The objective of research is to find out whether or not there was: (1) an effect of teachers’s teaching skills to the learning achievement of introduction to office administration on grade XI of SMK N 1Karanganyar in academic year 2017/2018; (2) an effect of student specialization to the learning achievement of introduction to office administration on grade XI of SMK N 1Karanganyar in academic year 2017/2018; (3) an simultaneusly effect of teachers’s teaching skills and student specialization to the learning achievement of introduction to office administration on grade XI of SMK N 1Karanganyar in academic year 2017/2018. This study employed qantitative research method. The population of research was the students of grade XI as many as many as 136 students. Techniques of sampling used were purposive sampling. Techniques of collecting data used were questionnaire and documentation of students data. Techniques of analyzing data used weremultiple linear regression analyses. From the result of research, it could be concluded that: (1) there was a significant effect of teacher’s teaching skills to the learning achievement of introduction to office administration on grade XI of SMK N 1Karanganyar in academic year 2017/2018. It could be seen from tobs. > ttable or 7,112 > 1,669 at significance level of 5%. (2) There was a significant effect of student specialization to the learning achievement of introduction to office administration on grade XI of SMK N 1Karanganyar in academic year 2017/2018. It could be seen from tobs. > ttable or 3,138 > 1,669 at significance level of 5%. (3) There was a simultaneously significant effect of teacher’s teaching skills and student specialization to the lerning achievement of introduction to office administration on grade XI of SMK N 1Karanganyar in academic year 2017/2018. It could be seen fromFobs. > Ftable or 57,911 > 3,14 at significance level of 5%. Keywords: teacher’s teaching skills, student specializationd, and learning achievement

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Haqq Muhammad Hendra Nailul
    Date Deposited: 22 Jun 2019 09:36
    Last Modified: 22 Jun 2019 09:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43823

    Actions (login required)

    View Item