Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Menggunakan Model Pembelajaran Examples Non- Examples Dengan Media VisualL (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IV SDN Bumi 01 No. 67 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019)

YOLANDA, STEFI (2019) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Menggunakan Model Pembelajaran Examples Non- Examples Dengan Media VisualL (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IV SDN Bumi 01 No. 67 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (308Kb)

    Abstract

    Stefi Yolanda. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Menggunakan Model Pembelajaran Examples Non – Examples dengan Media Visual (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Bumi 01 Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemapuan membaca pemahaman pada peserta didik kelas IV SDN 01 Bumi Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalag guru kelas IV dan peserta didik kelas IV SD Negeri Bumi 01 Surakarta yang berjumlah 21 peserta didik. Sumber data pada penelitian ini meliputi sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Analisis data mengunakan teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman yang mempunyai tiga buah komponen pokok, yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Prosedur penelitian mempunyai 4 tahapan yang dapat dilalui, antara lain: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan; dan (4) refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Examples Non – Examples dan media visual dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman cerita peserta didik kelas IV SD Negeri Bumi 01 Surakarta tahun ajaran 2018/2019. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai kemampuan membaca pemahaman cerita pada setiap siklus yang dilaksanakan. Pada siklus I rata – rata nilainya adalah 57,5 dengan ketuntasan klasikal 57,135%. Pada siklus II nilai rata – rata meningkat menjadi 81,25 dengan ketuntasan klasikal 92,85%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Examples Non – Examples dan media visual dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada peserta didik kelas IV SD Negeri Bumi 01 Surakarta tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci : Model Pembelajaran Examples Non – Examples dan media visual, kemampuan membaca pemahaman cerita.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Haqq Muhammad Hendra Nailul
    Date Deposited: 22 Jun 2019 09:32
    Last Modified: 22 Jun 2019 09:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43822

    Actions (login required)

    View Item