PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MENGGUNAKAN SOFTWARE LEARNING CONTENT DEVELOPMENT SYSTEM (LCDS)PADA MATERI GERAK PARABOLA

Pramulyastuti, Anggie (2019) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MENGGUNAKAN SOFTWARE LEARNING CONTENT DEVELOPMENT SYSTEM (LCDS)PADA MATERI GERAK PARABOLA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (8Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (8Kb)

      Abstract

      Anggie Pramulyastuti. K2315010. PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN ELEKTRONIK MENGGUNAKAN SOFTWARE LEARNING CONTENT DEVELOPMENTSYSTEM (LCDS)PADA MATERI GERAK PARABOLA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2019. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menjelaskan tahapan proses pengembangan modul pembelajaran elektronik tentang Gerak Parabola menggunakan software LCDS agar memenuhi kriteria baik, (2) mengetahui karakteristik akhir modul pembelajaran elektronik yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan, yaitu berdasarkan pada model pengembangan ADDIE. Prosedur pengembangan modul pembelajaran elektronik yang dilakukan hanya sampai apda tahap ketiga dari lima tahapan yaitu (1) analysis, (2) design, dan (3) development. Data yang diperoleh yaitu dari data kualitatif yang didukung oleh data kuantitaif dari angket. Sumber data terdiri dari 2 orang ahli, 3 orang reviewer, dan siswa. Banyaknya siswa yaitu 3 siswa untuk uji coba one to one, 9 siswa untuk uji coba awal dan 85 siswa untuk uji coba lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. (2) Modul pembelajaran elektronik ini menyajikan materi Gerak Parabola yang terdiri dari sub materi Karakteritik Gerak Parabola, Waktu untuk Mencapai Ketinggian Maksimum, Ketinggian Maksimum, Waktu untuk Mencapai Jarak Maksimum, dan Jarak Maksimum. Setiap sub materi dilengkapi dengan contoh soal dan penyelesaiannya. Latihan soal diberikan pada tiap sub bab. Dan pada akhir modul pembelajaran elektronik ini dilengkapi dengan soal evaluasi akhir yang memuat seluruh indikator pembelajaran dengan memanfaatkan batas waktu pengerjaan. Hasil dari evaluasi akhir ini dapat terkirim pada email guru yang mempermudh guru dalam memonitor kemampuan siswa. Produk akhir dari penelitian pengembangan ini adalah modul pembelajaran elektronik tentang Gerak Parabola menggunakan software LCDS yang memenuhi kriteria sangat baik. Kesimpulan tersebut diperoleh berdasarkan data hasil penilaian oleh validator serta data hasil uji coba one to one, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan dari siswa. Kata kunci: Modul Pembelajaran Elektronik, LCDS, Gerak Parabola

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: L Education > L Education (General)
      Q Science > QC Physics
      Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
      Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
      Depositing User: Pratama Wisnu Samodro
      Date Deposited: 25 Jun 2019 20:31
      Last Modified: 25 Jun 2019 20:31
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43820

      Actions (login required)

      View Item