ksperimentasi Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa SMA pada Materi Usaha dan Energi

Fitriana, Nur Hanifah (2019) ksperimentasi Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa SMA pada Materi Usaha dan Energi. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (183Kb)

    Abstract

    Nur Hanifah Fitriana. K2314031. EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH SISWA SMA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Mei 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya: (1) Perbedaan pengaruh antara penggunaan model pembelajaran Relating, Exeriencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) melalui metode eksperimen dan demonstrasi terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa, (2) Perbedaan pengaruh antara sikap ilmiah siswa kategori tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa, (3) Interaksi antara pengaruh penerapan model REACT melalui metode eksperimen dan demonstrasi dengan sikap ilmiah siswa terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas, yaitu kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kajian dokumen, observasi, dan tes tertulis. Kajian dokumen berupa nilai Penilaian Akhir Semester Ganjil. Teknik observasi digunakan untuk memperoleh data sikap ilmiah siswa. Teknik tes tertulis digunakan untuk memperoleh data kemampuan kognitif Fisika siswa setelah mempelajari materi Usaha dan Energi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan anava dua jalan dengan isi sel tak sama. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan pengaruh antara penggunaan model Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) melalui metode eksperimen dan demonstrasi terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa (Fobs = 7,677 > Ftabel = F0,05;1;75 = 4,00), (2) Terdapat perbedaan pengaruh antara sikap ilmiah siswa kategori tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa (Fobs = 8,972 > Ftabel = F0,05;1;75 = 4,00), (3) Tidak ada interaksi antara pengaruh penggunaan model REACT melalui metode eksperimen dan demonstrasi dengan sikap ilmiah siswa terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa (Fobs = 0,029 < Ftabel = F0,05;1;75 = 4,00). Penerapan model pembelajaran REACT melalui metode eksperimen maupun demonstrasi dan sikap ilmiah siswa memberikan pengaruh sendiri-sendiri terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa pada materi Usaha adan Energi. Kata kunci: Model REACT, Eksperimen, Demonstrasi, Sikap Ilmiah, Usaha dan Energi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Pratama Wisnu Samodro
    Date Deposited: 22 Jun 2019 00:55
    Last Modified: 22 Jun 2019 00:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43819

    Actions (login required)

    View Item