Hubungan Tonsilitis Kronik Hipertrofi Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Begalon 2 Surakarta

A, Agusta Christin (2019) Hubungan Tonsilitis Kronik Hipertrofi Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Begalon 2 Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (102Kb)

    Abstract

    Agusta Christin Adela, G0015011, 2019. Hubungan Tonsilitis Kronik Hipertrofi Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Begalon 2 Surakarta. Latar Belakang: Kejadian Ispa di Indonesia masih merupakan penyebab tersering morbiditas dan mortalitas pada anak. Berdasarkan data epidemiologi penyakit THT di tujuh provinsi di Indonesia, prevalensi penyakit tonsilitis kronik 3,8% tertinggi kedua setelah nasofaringitis akut 4,6%. Anak yang menderita tonsilitis kronik dapat mengalami penurunan kualitas hidup akibat gangguan fisiologis dan psikologis yang muncul. Penunrunan kualitas hidup pada anak dapat terlihat dari penurunan prestasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tonsilitis kronik hipertrofi dengan prestasi belajar pada siswa sekolah dasar negeri Begalon 2 Surakarta. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional dengan subjek penelitian adalah siswa kelas 4 dan 5 SDN Begalon 2 Surakarta. Penelitian dengan jumlah sampel 38 siswa kelas 4 dan 5 SDB Begalon 2 Surakarta yang sudah memenuhi kriteria inklusi. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner gejala tonsilitis untuk mengetahui ada tidaknya gangguan fisiologis dan pemeriksaan THT untuk keadaan tenggorok, telinga maupun hidung. Data dianalisis secara statistik dengan bantuan SPSS menggunakan Uji Chi-Square dan Koefisien Kontingensi. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan distribusi sampel berdasarkan usia dan jenis kelamin yang terbanyak berturut-turut yaitu 11 tahun 52,6% da perempuan 55,3%. Sebanyak 68,4% memiliki tonsilitis kronik hipertrofi dan 31,6% non tonsilitis kronik hipertrofi. Terdapat hubungan antara tonsilitis kronik hipertrofi dengan prestasi seluruh mata pelajaran pada siswa sekolah dasar negeri Begalon 2 Surakarta dengan uji analisis Chi-Square. (p=0,001; CI=0,007-0,257; C=0,575) Simpulan: Terdapat hubungan yang bermakna antara tonsilitis kronik hipertrofi dengan prestasi belajar pada siswa sekolah dasar negeri Begalon 2 Surakarta Kata Kunci: tonsilitis kronik hipertrofi, prestasi belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: UNSPECIFIED
    Depositing User: Pratama Wisnu Samodro
    Date Deposited: 22 Jun 2019 00:25
    Last Modified: 22 Jun 2019 00:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43816

    Actions (login required)

    View Item