PENINGKATAN WRITING SKILLS PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI MIPA 4 SMA NEGERI 5 SURAKARTA

ADZ DZAKY, DURROTUN (2019) PENINGKATAN WRITING SKILLS PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI MIPA 4 SMA NEGERI 5 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (52Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian adalah meningkatkan writing skills peserta didik melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) pada pembelajaran Biologi kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 5 Suarakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus dengan setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan observasi serta refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 30, dengan 10 siswa dan 20 siswi. Data penelitian berupa tulisan peserta didik yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan rubrik penilaian tulisan menurut Mclean (2012), yang terdiri dari aspek konten dan konteks tulisan. Validasi data menggunakan teknik triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang meliputi kegiatan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perubahan kualitas konten dan konteks tulisan sebagai indikator writing skills peserta didik selama kegiatan pembelajaran Biologi dengan penerapan model Project Based Learning. Kualitas konten dan konteks tulisan peserta didik mengalami peningkatan yang fluktuatif di setiap siklus. Kualitas konten dan konteks tulisan perserta didik pada pratindakan diperoleh melalui kegiatan mengumpulkan data dalam diskusi. Kualitas konten dan konteks tulisan peserta didik pada siklus 1, 2 dan 3 diperoleh melalui kegiatan merumuskan masalah, menentukan tujuan, merencanakan proyek, presentasi rencana proyek, pengerjaan proyek, merumuskan kesimpulan, dan mengevaluasi proyek. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat peningkatan writing skills peserta didik melalui penerapan model Project Based Learning pada pembelajaran Biologi di kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 5 Surakarta. Kata Kunci: writing skills, konten tulisan, konteks tulisan, model Project Based Learning

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Haqq Muhammad Hendra Nailul
    Date Deposited: 21 Jun 2019 22:39
    Last Modified: 21 Jun 2019 22:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43807

    Actions (login required)

    View Item