KAJIAN PENGARUH FLY ASH SEBAGAI BAHAN SUBSTITUSI SEBAGIAN SEMEN TERHADAP KUAT TEKAN DAN POROSITAS PADA BETON SCC (SELF COMPACTING CONCRETE) DENGAN CITRIC ACID SEBAGAI RETARDER UNTUK SUPLEMEN BAHAN AJAR MATA KULIAH TEKNOLOGI BETON

KURNIAWAN, ALFIAN (2019) KAJIAN PENGARUH FLY ASH SEBAGAI BAHAN SUBSTITUSI SEBAGIAN SEMEN TERHADAP KUAT TEKAN DAN POROSITAS PADA BETON SCC (SELF COMPACTING CONCRETE) DENGAN CITRIC ACID SEBAGAI RETARDER UNTUK SUPLEMEN BAHAN AJAR MATA KULIAH TEKNOLOGI BETON. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (40Kb)

    Abstract

    Alfian Kurniawan. KAJIAN FLY ASH SEBAGAI BAHAN SUBSTITUSI SEBAGIAN SEMEN TERHADAP KUAT TEKAN DAN POROSITAS PADA BETON SCC (SELF COMPACTING CONCRETE) DENGAN CITRIC ACID SEBAGAI RETARDER UNTUK SUPLEMEN BAHAN AJAR MATA KULIAH TEKNOLOGI BETON. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2019. Tujuan penelitian ini adalah, (1) mengetahui pengaruh variasi persentase fly ash sebagai bahan substitusi semen terhadap kuat tekan pada beton SCC dengan citric acid sebagai retarder. (2) mengetahui pengaruh variasi persentase fly ash sebagai bahan substitusi semen terhadap porositas pada beton SCC dengan citric acid sebagai retarder. (3) menghasilkan bahan ajar mata kuliah Teknologi Beton, di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Sebelas Maret Surakarta dari kajian fly ash sebagai bahan substitusi semen terhadap kuat tekan dan porositas pada beton SCC dengan citric acid sebagai retarder. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dan teknik analisa data menggunakan analisis regresi dengan bantuan program SPSS 16.0. Variabel yang terdapat pada penelitian ini adalah (1) variabel terikat : kuat tekan dan porositas beton SCC (2) variabel bebas : variasi fly ash sebagai bahan substitusi semen pada campuran beton SCC. Keseluruhan anggota populasi yang menjadi sampel penelitian ini adalah 30 sampel. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, (1) Adanya fly ash sebagai bahan substitusi sebagian semen pada beton SCC (self compacting concrete) dengan citric acid sebagai retarder berpengaruh kuat negatif terhadap kuat tekan yang artinya semakin besar persentase fly ash yang menggantikan semen maka semakin kecil nilai kuat tekan yang dihasilkan. (2) Adanya fly ash sebagai bahan substitusi sebagian semen pada beton SCC (self compacting concrete) dengan citric acid sebagai retarder berpengaruh lemah negatif terhadap porositas yang artinya semakin besar persentase fly ash yang menggantikan semen maka semakin kecil nilai porositas yang dihasilkan. (3) Kajian fly ash sebagai bahan substitusi sebagian semen terhadap kuat tekan dan porositas pada beton SCC (self compacting concrete) dengan citric acid sebagai retarder dapat dijadikan suplemen bahan ajar mata kuliah teknologi beton karena memiliki keterkaitan dengan bidang ilmu perkembangan teknologi beton. Kata kunci : beton, SCC, fly ash, citric acid, retarder.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Haqq Muhammad Hendra Nailul
    Date Deposited: 21 Jun 2019 22:28
    Last Modified: 21 Jun 2019 22:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43805

    Actions (login required)

    View Item