Tanggapan Pembaca Terhadap Teks Drama Ahlul Kahfi Karya Taufik Al-Hakim

BESTYA N, PANGGIH (2019) Tanggapan Pembaca Terhadap Teks Drama Ahlul Kahfi Karya Taufik Al-Hakim. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (50Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Panggih Bestya Nadhira, C1012037, 2019. Tanggapan Pembaca Terhadap Teks Drama Ahlul Kahfi Karya Taufik Al- Hakim. Skripsi Program Studi Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini membahas: (1) Analisis Struktural, (2) Tanggapan Pembaca Terhadap Teks Drama Ahlul Kahfi Karya Taufik Al-Hakim. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang disajikan secara deskriptif, yaitu dengan mendeskripsikan struktur yang membangun Teks Drama Ahlul Kahfi dan tanggapan pembaca terhadap isi dari Teks Drama Ahlul Kahfi. Berdasarkan penelitian ini dihasilkan kesimpulan struktur yang membangun Teks Drama Ahlul-Kahfi ini sudah lengkap dimulai dari Al Fikrah Al Asasiyah (Ide/ Gagasan), Asy-Syakhisyyah (Aktor/ Aktris), Al-Charakah (Blocking), Al-Bina’ (Setting), Al-Chiwar (Dialog), dan Ash-shira’ (Konflik). Berkenaan dengan tanggapan pembaca, teks drama ini memiliki kelebihan keberanian untuk melakukan inovasi pada cerita terkenal Shahibu Kahfi yang terkenal dengan penambahan setting percintaan, adapun kelemahan dari Teks Drama ini adalah adanya peristiwa yang terasa meloncat dan dipaksakan untuk berpindah, penokohan yang kurang kuat serta masih adanya percakapan yang memiliki diksi dan gaya bahasa yang sama, walaupun dilakukan oleh tokoh yang berbeda staratanya Kata Kunci: Ahlul-Kahfi, Taufik Al-Hakim, Struktur, Respsi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Sastra Arab
    Depositing User: Haqq Muhammad Hendra Nailul
    Date Deposited: 21 Jun 2019 20:51
    Last Modified: 21 Jun 2019 20:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43799

    Actions (login required)

    View Item