TUGAS PUBLIC RELATIONS DALAM MENGELOLA INFORMASI DAN KOMUNIKASI PUBLIK DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN KARANGANYAR

MARNAN, RACHMA LAKSMI (2019) TUGAS PUBLIC RELATIONS DALAM MENGELOLA INFORMASI DAN KOMUNIKASI PUBLIK DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1321Kb)

    Abstract

    Rachma Laksmi Marnaningtyas, D1615054, Public Relations, Tugas Public Relations Dalam Mengelola Informasi dan Komunikasi Publik di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karanganyar , 2018. Public Relations memiliki tugas untuk menyebarkan informasi secara teratur mengenai kebijaksanaan, perencanaan dan hasil yang telah dicapai, menjalankan kegiatan kebijakan publik dan pelayanan publik dengan memberikan berbagai informasi tentang kebijakan pemerintahan, memonitor dan mengevaluasi tanggapan serta pendapat umum atau masyarakat, menjawab dan menjelaskan pertanyaan dari masyarakat, pers dan organisasi terkait, berbicara secara terbuka dalam wawancara, konferensi pers dan presentasi, mengorganisir acara promosi, menganalisis liputan media dan melakukan riset pasar yang relevan, melakukan strategi tentang publikasi, dan merancang, menulis, serta memproduksi presentasi, siaran pers, artikel, leaflet, jurnal, laporan, brosur publisitas, informasi untuk situs web atau video promosi. Hak setiap orang untuk memperoleh informasi juga relevan untuk meningkatkan kualitas pelibatan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan publik. Partisipasi atau pelibatan masyarakat tidak banyak berarti tanpa jaminan keterbukaan informasi public. Keberadaan Undang - Undang tentang Keterbukaan Informasi Publik sangat penting sebagai landasan hukum mengingat Informasi Publik adalah informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan atau diterima oleh suatu Badan Publik yang berkaitan dengan penyelenggara dan penyelenggaraan negara, dan atau penyelenggara dan penyelenggaraan Badan Publik lainnya yang sesuai dengan Undang - Undang ini serta informasi lain yang berkaitan dengan kepentingan publik. Melalui mekanisme dan pelaksanaan prinsip keterbukaan, akan tercipta kepemerintahan yang baik dan peran serta masyarakat yang transparan dan akuntabilitas yang tinggi. Sedangkan Komunikasi Publik merupakan suatu komunikasi yang dilakukan di depan banyak orang. Dalam komunikasi publik pesan yang disampaikan dapat berupa suatu informasi, ajakan, gagasan. Sarananya, bisa media massa, bisa pula melalui orasi pada rapat umum atau aksi demonstrasi, blog, situs jejaring sosial, kolom komentar di website atau blog, e-mail, milis, SMS, surat, surat pembaca, reklame, spanduk, atau apa pun yang bisa menjangkau publik. Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karanganyar beralamatkan di Jalan Lawu No. 385 B Karanganyar. Tugas dan fungsi Dinas Komunikasi dan Informatika berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 111 Tahun 2016, tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika, yaitu “Dinas Komunikasi dan Informatika mempunyai tugas membantu Bupati dalam melaksanakan urusan pemerintahan Bidang Komunikasi dan Informasi, Bidang Persandian dan Bidang Statistik yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan yang ditugaskan kepada daerah”. Dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya Dinas Komunikasi dan Informatka dipimpin oleh Kepala Dinas, dibantu oleh Sekretaris, Bidang Tata Kelola Informatika, serta Bidang Informasi dan Komunikasi Publik. Public Relations Seksi Pengelolaan Sumber Daya Komunikasi dan Informatika (PSDKI) Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karanganyar bertugas untuk mengelola informasi dan komunikasi publik dengan melaksanakan beberapa tugasnya seperti melakukan peliputan kegiatan Bupati, Wakil Bupati maupun Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Karanganyar, membuat Press Release dan menyiarkannya di laman resmi instansi, membuat dan mendistribusikan kliping berita, melakukan analisa berita, mencatat agenda kegiatan liputan, dan melakukan surat – menyurat. Dalam melaksanakan tugas – tugasnya, seorang Public Relations perlu membina hubungan baik secara internal maupun eksternal. Dalam hal ini, Public Relations harus mampu bekerjasama dan menjaga hubungan baik dengan sesama pegawai atau karyawan, pimpinan, antar instansi, pemerintah, masyarakat, dan media atau pihak pers. (tugas public relations, pengelolaan informasi dan komunikasi publik, public relations pemerintah, public relations)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 29 May 2019 14:41
    Last Modified: 29 May 2019 14:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43796

    Actions (login required)

    View Item