Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Pokok Program Linear Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Surakarta

Asrowifah, Oktaverika (2019) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Pokok Program Linear Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (488Kb)

    Abstract

    Oktaverika Asrowifah. K1314040. ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI POKOK PROGRAM LINEAR BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA) DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 SURAKARTA. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Februari 2019. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan kesalahan yang terjadi pada siswa dengan gaya kognitif Field Dependent (FD) dalam menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan program linear berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA), dan (2) mendeskripsikan kesalahan yang terjadi pada siswa dengan gaya kognitif Field Independent (FI) dalam menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan program linear berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 6 Surakarta dengan subjek dalam penelitian ini diambil dari kelas XI MIPA 2. Subjek penelitian diambil dengan teknik purposive sampling (sampel bertujuan) sebanyak 4 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes tertulis untuk memperoleh data hasil pekerjaan siswa, tes GEFT untuk data pengelompokan gaya kognitif, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menganalisis jawaban subjek berdasarkan Newman’s Error Analysis yang terdiri dari 5 tahap, yaitu : (a) Reading, (b) Comprehension, (c) Transformation, (d) Process Skills, dan (e) Encoding melalui hasil pekerjaan siswa dan wawancara. Validasi data dilakukan dengan triangulasi dengan metode. Dari analisis data diperoleh hasil : (1) Siswa dengan gaya kognitif field dependent melakukan kesalahan yaitu: (a) comprehension error pada indikator salah dalam menentukan apa yang ditanyakan dari soal, (b) transformation error pada indikator salah menentukan model matematika dan salah dalam menggambar grafik, (c) process skills error pada indikator salah dalam menentukan daerah penyelesaian dan titik pojok, dan (d) encoding error pada indikator salah menentukan jawaban akhir dan kesimpulan, (2) siswa dengan gaya kognitif field independent mengalami kesalahan yaitu: (a) comprehension error pada indikator salah dalam menentukan apa yang ditanyakan, (b) transformation error pada indikator salah menentukan model matematika dan grafik, (c) process skill error pada indikator salah menentukan daerah penyelesaian dan titik pojok, dan (d) encoding error pada indikator salah dalam menentukan jawaban akhir dan kesimpulan. Siswa dengan gaya kognitif field dependent mengalami kesalahan yang cenderung lebih rutin apabila dibandingkan dengan siswa bergaya kognitif field independent. Kata Kunci : gaya kognitif, kesalahan, Newman’s Error Analysis, program linear, soal cerita matematika

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 29 May 2019 14:38
    Last Modified: 29 May 2019 14:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43795

    Actions (login required)

    View Item