Penerapan Model Yurisprudensi dengan Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar tentang Persiapan Kemerdekaan Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Plarangan Tahun Ajaran 2018/2019

, Nurhasanah (2019) Penerapan Model Yurisprudensi dengan Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar tentang Persiapan Kemerdekaan Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Plarangan Tahun Ajaran 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (90Kb)

    Abstract

    Nurhasanah.PENERAPAN MODEL YURISPRUDENSI DENGAN MULTIMEDIAUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA PADA SISWA KELAS VSD NEGERI 1 PLARANGAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2019. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan model yurisprudensi dengan multimedia untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang persiapan kemerdekaan Indonesia, (2) meningkatkan hasil belajar IPS tentang persiapan kemerdekaan Indonesia dengan menerapkan model yurisprudensi dengan multimedia, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model yurisprudensi dengan multimedia untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang persiapan kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Plarangantahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 14 siswa.Data yang digunakan berupa data kualitatif yaitu penerapan model model yurisprudensi dengan multimediadan data kuantitatif yaitu pada tes hasil belajar dalam mata pelajaran IPS.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes.Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) model yurisprudensi dengan multimedia untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang persiapan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 1 Plarangan tahun ajaran 2018/2019 dilaksanakan dengan langkah-langkah:a) mengenalkan isu/kasus dengan multimedia, b) mengidentifikasi isu/kasus, c) menetapkan posisi, d) mengeksplorasi posisi, e) memantapkan posisi, dan f) menguji posisi dengan multimedia; (2) model model yurisprudensi dengan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang persiapan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 1 Plarangan tahun ajaran 2018/2019 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan siswa dari 75,01%pada siklus I, siklus II 82,14% dan siklus III mencapai 89,29%. (3) kendalayang dihadapi yaitu pada langkah kelima beberapa siswa masih kesulitan dalam mengkualifikasi posisi terbaik.Adapun solusinya guru memberikan bimbingan secara individu kepada siswa yang belum paham terkait dengan mengkualifikasi posisi. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model yurisprudensi dengan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang persiapan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 1 Plarangan tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci:model yurisprudensi, multimedia, dan hasil belajar IPS.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 29 May 2019 14:36
    Last Modified: 29 May 2019 14:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43794

    Actions (login required)

    View Item