Strategi Komunikasi Media Sosial pada Kegiatan Crowdfunding di Indonesia (studi kasus campaign kirana bantu korban gempa lombok)

HAFIDZA, NISA NUR (2019) Strategi Komunikasi Media Sosial pada Kegiatan Crowdfunding di Indonesia (studi kasus campaign kirana bantu korban gempa lombok). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (275Kb)

    Abstract

    Nisa Nur Hafidza, D1216045. STRATEGI KOMUNIKASI MEDIA SOSIAL PADA KEGIATAN CROWDFUNDING (Studi Kasus Campaign Kirana Bantu Korban Gempa Lombok), Program Studi S1 Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2018. Gotong royong adalah salah satu bentuk kearifan lokal yang dimiliki Indonesia. Dengan berkembangnya zaman, teknologi membawa gotong-royong ini kepada bentuk yang baru yaitu crowdfunding online. Crowdfunding merupakan sebuah metode baru dalam kegiatan penggalangan dana yang berbasis online. Terlebih tingkat penetrasi media sosial kepada masyarakat yang semakin tinggi. Hal ini membuat para pegiat sosial dan akademisi menyadari bahwa penting untuk mempelajari strategi komunikasi media sosial pada kegiatan crowdfunding. Adanya dorongan untuk memberikan gambaran mengenai kegiatan crowdfunding di media sosial tersebut, maka penulis melakukan penelitian tentang “Strategi Komunikasi Media Sosial pada Kegiatan Crowdfunding” melalui studi kasus campaign kirana Bantu Korban Gempa Lombok yang sukses mencapai target. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Dalam menentukan informan, peneliti menggunakan teknik purposive sampling, yakni mengambil sampel berdasarkan karateristik yang telah dibuat sehingga sampel yang dipilih mampu memberikan informasi sesuai dengan maksud penelitian. Informan dalam penelitian ini yaitu Retno Hening (campaigner ), donator, dan media sosial spesialis. Sedangkan analisa data yang digunakan diawalai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam merumuskan strategi komunikasi crowdfunding ini penulis mengacu pada pendapat Cangara yang merangkum beberapa teori yang telah ada untuk memudahkan pada praktek kegiatannya yakni ada 14 hal yang perlu diperhatikan, pemilihan konunikator, menetapkan khalayak, penyusunan konten, pemilihan media, pengguanaan telepon seluler, produksi media, uji awal materi, penyebarluasan informasi, menganilis efek komunikasi, memobilisasi kelompok berpengaruh, menentukan tim kerja, perancangan anggaran dana, penjadwalan waktu, hingga evaluasi. Hasil penelitian yang didapat penulis adalah bahwa strategi yang digunakan pada crowdfunding Kirana Bantu Korban Gempa Lombok sejalan dengan strategi komunikasi yang dikemukakan Cangara, kecuali SMS. Karena crowdfunding dilakukan melalui media sosial instagram maka faktor yang paling menentukan pada crowdfunding ini adalah penggerakan opini oleh selebgram, yakni Retno Hening. Crowdfunding ini sukses mencapai target karena adanya strategy tersebut.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 29 May 2019 14:33
    Last Modified: 29 May 2019 14:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43793

    Actions (login required)

    View Item