PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI TATA TERTIB SEKOLAH TERINTEGRASI SMS GATEWAY DI SMK NEGERI 5 SURAKARTA

ZAMA, MOCHAMMAD BADRU (2019) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI TATA TERTIB SEKOLAH TERINTEGRASI SMS GATEWAY DI SMK NEGERI 5 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (275Kb)

    Abstract

    Mochammad Badru Zaman. K3513039. PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI TATA TERTIB SEKOLAH TERINTEGRASI SMS GATEWAY DI SMK NEGERI 5 SURAKARTA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. January 2019. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah sistem informasi tata tertib sekolah terintegrasi SMS Gateway di SMK Negeri 5 Surakarta yang dapat digunakan untuk mengelola data catatan pelanggaran serta menguji kualitas menggunakan ISO 9126 berdasarkan aspek fungsionalitas dan usabilitas dari sistem informasi yang dikembangkan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 5 Surakarta. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode dokumentasi, metode literature atau kepustakaan serta metode angket atau kuisioner. Hasil dari penelitian ini adalah Sistem Informasi Tata Tertib Sekolah Terintegrasi Sms Gateway yang dapat menyimpan data catatan pelanggaaran Siswa serta memberikan informasi kepada Wali Siswa. Selain itu sistem informasi ini juga dapat menghasilkan berkas dokumen catatan pelanggaran siswa dalam bentuk pdf yang dapat dijadikan acuan untuk memberikan nilai sikap siswa. Hasil pengujian sistem menunjukan bahwa produk Sistem Informasi Tata tertib Terintegrasi SMS Gateway berdasarkan aspek fungsionalitas dan usabilitas sistem melalui kuisioner yang dilakukan, didapatkan nilai akhir dari uji fungsionalitas sistem informasi sebesar 81,4%, yang didapatkan dari Ahli Sistem Informasi sebesar 83,7%, Ahli Substansi sebesar 80% , dari Penggua Guru BK & Kesiswaan sebesar 81,1%, dan dari pengguna Warga Sekolah sebesar 80,9% , sedangkan berdasarkan aspek usabilitas didapatkan nilai akhir sistem informasi sebesar 87,4%, yang didapatkan dari Ahli Sistem Informasi sebesar 96,6%, Ahli Substansi sebesar 85% , dari Penggua Guru BK & Kesiswaan sebesar 86,2%, dan dari pengguna Warga Sekolah sebesar 82,1% .

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 29 May 2019 14:24
    Last Modified: 29 May 2019 14:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43792

    Actions (login required)

    View Item