Penerapan Pendekatan RME dengan media konkret untuk meningkatkan pembelajaran Matematika tentang Bangun Datar pada siswa kelas V SDN 4 Pejagoan

ARIFUDIN, IVAN (2019) Penerapan Pendekatan RME dengan media konkret untuk meningkatkan pembelajaran Matematika tentang Bangun Datar pada siswa kelas V SDN 4 Pejagoan. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (91Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ivan Arifudin. PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 PEJAGOAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2019. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pendekatan RME dengan media konkret, (2) meningkatkan pembelajaran matematika tentang bangun datar melalui penerapan pendekatan RME dengan media konkret, serta (3) untuk mendeskripsikan kendala yang dialami dan solusinya dalam penerapan pendekatan RME dengan media konkret. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 4 Pejagoan tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 16 siswa. Data yang digunakan berupa data kualitatif yaitu penerapan pendekatan RME dengan media konkret dan data kuantitatif yaitu pada tes hasil belajar dalam mata pelajaran matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data kuantitatif dan kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pendekatan RME dengan media konkret dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) memahami masalah kontekstual melalui media, (b) menjelaskan masalah kontekstual menggunakan media, (d) menyelesaikan masalah, (e) membandingkan, mendiskusikan, dan melengkapi jawaban, (f) menyimpulkan, (2) pendekatan RME dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran tentang bangun datar, terbukti dengan adanya peningkatan persentase jumlah ketuntasan siswa, yaitu pada siklus I sebesar 87,50%, siklus II meningkat menjadi 90,62%, dan siklus III sebesar 93,75%, (3) kendala dalam penelitian ini yaitu: (a) sedikit siswa yang berani bertanya, (b) siswa kurang aktif memberikan tanggapan dalam diskusi, (c) siswa ramai sendiri saat pembelajaran, (d) siswa belum melakukan diskusi dengan baik, (e) waktu diskusi terbatas, (f) masih ada siswa yang kurang tertib. Adapun solusinya, yaitu (a) guru merangsang siswa untuk bertanya, (b) guru membimbing siswa saat presentasi untuk saling menanggapi, (c) guru harus meningkatkan penguasaan kelas, (d) guru memberikan bimbingan pada saat diskusi, (e) guru membagi siswa agar membagi tugas dalam berkelompok, (f) guru mengkondisikan siswa saat berkelompok. Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan RME dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang bangun datar pada siswa kelas V SD Negeri 4 Pejagoan tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci: Realistic Matematics Education, Media Konkret, Bangun Datar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 29 May 2019 14:20
    Last Modified: 29 May 2019 14:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43791

    Actions (login required)

    View Item