Pengembangan Bahan ajar sejarah Biografi Pahlawan berbasis Timeline Infografis untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah siswa SMAN 2 Ungaran

ALDILA, TAUFIQ HARPAN (2019) Pengembangan Bahan ajar sejarah Biografi Pahlawan berbasis Timeline Infografis untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah siswa SMAN 2 Ungaran. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (176Kb)

    Abstract

    Kesadaran Sejarah merupakan bentuk pemahaman dan penghayatan terhadap peristiwa dan nilai masa silam. dasar munculnya kesadaran sejarah adalah pemahaman. pemahaman dalam pembelajaran salah satunya diperoleh dari konten materi yang diberikan guru dan diserap oleh siswa. konten buku paket sejarah di sekolah belum memberikan porsi cukup guna pembahasan mengenai tokoh kepahlawanan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) bagaimana pembelajaran sejarah di SMAN 2 Ungaran (2) Bagaimana Prosedur pengembangan bahan ajar sejarah berbasis infografis, dan (3) bagaimana efektivitas bahan ajar berbasis Infografis untuk meningkatkan kesadaran sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan atau Research And Development dengan mengacu pada model perancangan ADDIE (Analysis, Design, Develepment, Implementation and Evaluation). metode pengambilan data di lapangan diperoleh dari hasil wawancara dan observasi pada analisis kebutuhan. pre Test dan Post Test digunakan untuk mendapatkan data prestasi belajar dan kesadaran Sejarah. dari hasil penelitian tersebut didapati kesimpulan bahwa pembelajaran sejarah di SMAN 2 Ungaran berfokus pengembangan dalam pembelajaran, dan terkendala pada masalah waktu pembelajaran dan kompleksitas materi pada buku teks. Pengembangan dilaksanakan dengan acuan pada Silabus dan RPP. pengembangan bahan ajar difokuskan kepada materi mengenai kiprah pahlawan masa kolonial hingga kemerdekaan dengan berbasis timeline Infografis. Efektivitas menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan bahan ajar dengan kelas yang tidak menggunakan bahan ajar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Mahayanti Widyaswari Norita
    Date Deposited: 29 May 2019 13:55
    Last Modified: 29 May 2019 13:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43783

    Actions (login required)

    View Item