Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Peningkatan Prestasi Belajar IPA Anak Tunalaras Kelas XI SLB E Bhina Putera Surakarta TAhun Ajaran 2018/2019

ARUM, SERLA KUSUMA (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Peningkatan Prestasi Belajar IPA Anak Tunalaras Kelas XI SLB E Bhina Putera Surakarta TAhun Ajaran 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (90Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran student team achievement division (STAD) dalam meningkatkan prestasi belajar IPA anak tunalaras kelas XI SLB E Bhina Putera Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan desain one group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 5 orang anak tunalaras kelas XI di SLB E Bhina Putera Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019 yang ditentukan menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian menggunakan tes tertulis bentuk pilihan ganda berjumlah 25 soal. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis tes rangking bertanda (Wilcoxon Sign Rank Test). Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, diketahui nilai Zhitung = -2,060 dengan Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,039 yang berada di bawah taraf signifikansi (p < 0,05). Hasil tersebut menunjukan bahwa model pembelajaran student team achievement division (STAD) berpengaruh untuk meningkatkan prestasi belajar IPA anak tunalaras kelas XI SLB E Bhina Putera Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
    Depositing User: Mahayanti Widyaswari Norita
    Date Deposited: 29 May 2019 13:52
    Last Modified: 29 May 2019 13:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43782

    Actions (login required)

    View Item