Pengaruh Profesionalisme Guru Bersertifikasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SDN se-Dabin IV Kecamatan Kebumen Tahun Ajaran 2018/2019

ISTIQOMAH, ASHLIHATUL (2019) Pengaruh Profesionalisme Guru Bersertifikasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SDN se-Dabin IV Kecamatan Kebumen Tahun Ajaran 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (287Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ashlihatul Istiqomah Arrobiah. K7115029. PENGARUH PROFESIONALISME GURU BERSERTIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN SE-DABIN IV KECAMATAN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maret 2019. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan ada tidaknya pengaruh antara profesionalisme guru bersertifikasi terhadap hasil belajar peserta didik di SDN seDabin IV Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2018/2019. Populasi pada penelitian ini yaitu semua peserta didik kelas V SDN se-Dabin IV Kecamatan Kebumen yang diajar oleh guru bersertifikasi dan menggunakan Kurikulum Tematik pada tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 225. Sampel pada penelitian ini yaitu 138 peserta didik kelas V pada 4 SDN dari 8 SDN di Dabin IV Kecamatan Kebumen yang diambil secara acak dengan teknik pengambilan cluster random sampling menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 18. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan metode penelitian correlational (korelasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Angket digunakan untuk pengumpulan data penelitian pada variabel bebas yaitu profesionalisme guru bersertifikasi sedangkan tes digunakan untuk mengumpulkan data pada variabel terikat yaitu hasil belajar IPS. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS versi 18. Analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi sederhana, regresi sederhana dan sumbangan efektif (SE) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara profesionalisme guru bersertifikasi terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai koefisien regresi sebesar 0,195, artinya terdapat pengaruh yang positif antara profesionalisme guru bersertifikasi dan hasil belajar peserta didik kelas V yang menunjukkan semakin tinggi profesionalisme guru bersertifikasi maka semakin tinggi pula hasil belajarnya, begitupun sebaliknya. Nilai korelasi sebesar 0,835 yang berarti korelasi antara kedua variabel sangat kuat. Nilai sumbangan efektif variabel profesionalisme guru bersertifikasi terhadap hasil belajar yaitu 62% dan sisanya 38% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian hipotesis alternatif (H1) diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara profesionalisme guru bersertifikasi dan terhadap hasil belajar peserta didik di SDN se-Dabin IV Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2018/2019. Guru lebih aktif untuk mengikuti dan mencari kegiatan untuk mengasah soft skill agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik sehingga hasil belajar peserta didik meningkat dan kualitas pendidikan semakin membaik. Kata Kunci: profesionalisme guru, sertifikasi guru, hasil belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 29 May 2019 13:52
    Last Modified: 29 May 2019 13:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43781

    Actions (login required)

    View Item