PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA KULIAH ANIMASI 3D PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER UNIVERSITAS SEBELAS MARET

Gusnantoro, Rody (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA KULIAH ANIMASI 3D PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER UNIVERSITAS SEBELAS MARET. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (99Kb)

    Abstract

    Keterbatasan media pembelajaran dalam mata kuliah animasi 3D membuat mahasiswa kesulitan dalam memahami mata kuliah tersebut. Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality untuk memudahkan mahasiswa mempelajari mata kuliah animasi 3D. Tujuan penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality untuk pembelajaran animasi 3D dan mengukur tingkat kelayakannya. Dalam penelitian ini media pembelajaran terdiri dari aplikasi dan buku yang dapat menampilkan augmented reality untuk pembelajaran animasi 3D. Pembuatan augmented reality menggunakan software Unity 3D dan SDK Vuforia. Media pembelajaran ini diuji oleh ahli materi dan ahli media yang terdiri masing-masing satu orang ahli, serta diujikan pada pengguna yang terdiri dari 15 mahasiswa. Hasil uji ahli materi memperoleh persentase 94,18%, hasil uji ahli media memperoleh persentase 76,67%, dan uji pengguna memperoleh persentase 87%. Berdasarkan hasil tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa media pembelajaran layak pada uji ahli media dan sangat layak pada uji ahli materi serta uji pengguna.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
    Depositing User: Mahayanti Widyaswari Norita
    Date Deposited: 29 May 2019 13:39
    Last Modified: 29 May 2019 13:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43777

    Actions (login required)

    View Item