PENGARUH METODE PICTURE AND PICTURE DENGAN BERBANTUAN MEDIA CHARTA DAN MEDIA CROSSWORD TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS MAN 2 SRAGEN TAHUN AJARAN 2018/2019 (Kompetensi Dasar Flora dan Fauna Di Indonesia dan Dunia pada Sub bab Karakteristik Bioma di Dunia

Putri, Miftah Nur Habib Kusuma (2019) PENGARUH METODE PICTURE AND PICTURE DENGAN BERBANTUAN MEDIA CHARTA DAN MEDIA CROSSWORD TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS MAN 2 SRAGEN TAHUN AJARAN 2018/2019 (Kompetensi Dasar Flora dan Fauna Di Indonesia dan Dunia pada Sub bab Karakteristik Bioma di Dunia. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (204Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh terhadap hasil belajar antara penggunaan metode picture and picture berbantuan media pembelajaran charta dengan metode picture and picture berbantuan media pembelajaran puzzle crossword dan model Ekspositori 2) mengetahui penggunaan yang lebih berpengaruh diantara metode picture and picture berbantuan media pembelajaran charta dengan model ekspositori terhadap hasil belajar peserta didik 3) mengetahui penggunaan yang lebih berpengaruh diantara metode picture and picture berbantuan media pembelajaran puzzle crossword dengan model ekspositori terhadap hasil belajar 4) mengetahui penggunaan media yang lebih berpengaruh terhadap hasil belajar antara metode picture and picture berbantuan media charta, metode picture and picture berbantuan media puzzle crossword dan model ekspositori peserta didik Kelas XI IPS MAN 2 Sragen Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan desain “Posttest-Only Control Design”. Populasi penelitian adalah kelas XI IPS MAN 2 Sragen dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sehingga sampel penelitian yang didapatkan adalah peserta didik kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen 1, kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen 2, kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji anava satu jalan, kemudian dilanjutkan dengan uji pasca anava metode scheffe dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh hasil belajar yang signifikan antara penggunaan metode picture and picture berbantuan media charta dengan media puzzle crossword dan model ekspositori dengan perbandingan rata-rata 74; 79; 70 dan dibuktikan dari hasil uji anava satu arah dengan taraf signifikan 5 % diperoleh Fobs > Fα (9,65 > 3,2199), 2) Hasil belajar metode picture and picture berbantuan media charta tidak lebih baik dibandingkan model ekspositori dengan perbandingan rata-rata 74; 70, 3) Hasil belajar metode picture and picture berbantuan media puzzle crossword lebih baik dibandingkan model ekspositori dengan perbandingan rata-rata 74; 79, 4) Hasil belajar metode picture and picture berbantuan media charta tidak lebih baik dibandingkan metode picture and picture berbantuan puzzle crossword dengan perbandingan rata-rata 79; 70. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media puzzle crossword lebih berpengaruh dibandingkan media charta dan model ekspositori.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Mahayanti Widyaswari Norita
    Date Deposited: 29 May 2019 12:59
    Last Modified: 29 May 2019 12:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43767

    Actions (login required)

    View Item