Hubungan antara IQ dan EQ dengan Prestasi belajar mata pelajaran manangani surat dan penggandaan dokumen siswa kalas XI SMK Wikarya tahun 2018

AZIZ, M.KING ABDUL (2019) Hubungan antara IQ dan EQ dengan Prestasi belajar mata pelajaran manangani surat dan penggandaan dokumen siswa kalas XI SMK Wikarya tahun 2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (348Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hubungan Antara IQ dengan Prestasi Belajar mata pelajaran menangani surat dan penggandaan dokumen,(2) Hubungan antara EQ dengan prestasi belajar mata pelajaran menangani surat dan penggandaan dokumen, (3) hubungan antara IQ dan EQ dengan Prestasi Belajar mata pelajaran menangani surat dan penggandaan dokumen. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah data hasil tes IQ siswa, hasil angket kecerdasan emosional dan dokumentasi dari pihak sekolah. Teknik pengumpulan sempel yang digunakan adalah teknik sampel jenuh. Penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas dengan analisis data mengunakan uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas dan analisis linier berganda. teknik uji validitas yang digunakan adalah validitas item dan bivariate pearson. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data uji normalitas sebesar 0,200, uji linieritas sebesar 0,560 untuk hubungan IQ dengan prestasi belajar dan 0,974 untuk hubungan EQ dengan prestasi belajar. Analisis linier berganda diperoleh persamaan Ŷ= 67,094+0,711X_1+ 0,503X_2 sehingga naik turunnya prestasi belajar siswa berhubungan dengan tinggi dan rendahnya IQ dan EQ siswa. Hasil Koefisien determinasi menunjukkan (R Square) sebesar 0,591 yang berarti prestasi belajar menangani surat dan penggandaan dokumen dipengaruhi oleh IQ dan EQ sebesar 59,1%, sedangkan sisanya sebesar 40,9% (100% - 59,1%) dipengaruhi oleh faktor lain di luar model regresi pada penelitian ini. hasil koefisien determinasi parsial menunjukkan untuk variabel IQ diperoleh nilai parsial sebesar 0,458 dikuadratkan (r2)menjadi 0,4582= 0,2097= 20,97%, dan variabel menunjukkan nilai parsial sebesar 0,649 dikuadratkan (r2) menjadi 0,6492= 0,4212= 42,12%. Penelitian ini menunjukan IQ berhubungan sebesar 20,97% dan EQ yang berkontribusi sebesar 42,12% dengan prestasi belajar menangani surat dan penggandaan dokumen.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Mahayanti Widyaswari Norita
    Date Deposited: 29 May 2019 12:55
    Last Modified: 29 May 2019 12:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43766

    Actions (login required)

    View Item