TRADISI SURA DAN NILAI SOSIAL BUDAYA CERITA DHUKUH TEMPURAN SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR MEMAHAMI TEKS DESKRIPTIF TENTANG PERISTIWA BUDAYA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (KAJIAN ANTROPOLOGI SASTRA)

Sukamto, Gesita Sahidalfia Perak (2019) TRADISI SURA DAN NILAI SOSIAL BUDAYA CERITA DHUKUH TEMPURAN SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR MEMAHAMI TEKS DESKRIPTIF TENTANG PERISTIWA BUDAYA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (KAJIAN ANTROPOLOGI SASTRA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (38Kb)

    Abstract

    Materi ajar merupakan salah satu aspek terpenting dalam pembelajaran. Hal tersebut disebabkan materi ajar merupakan faktor pendukung yang utama dalam keberhasilan pembelajaran. Saat ini materi yang digunakan dalam pembelajaran tidak variatif sehingga dapat menimbulkan kebosanan bagi peserta didik. Hal tersebut membuat materi ajar kurang menarik sehingga siswa kurang termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) cerita yang melatarbelakangi dan prosesi upacara tradisi Sura dalam teks deskriptif Dhukuh Tempuran; 2) nilai sosial budaya dalam teks deskriptif Dhukuh Tempuran?; 3) relevansi tradisi Sura dan nilai sosial budaya teks deskriptif Dhukuh Tempuran sebagai materi ajar memahami teks deskriptif tentang peristiwa budaya di Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di desa Tempuran dan SMPN 1 Banyudono. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis isi, observasi, dan wawancara. Hasil uji validasi ahli materi menunjukkan bahwa materi ajar teks deskriptif ini sudah layak digunakan dalam pembelajaran, namun ada beberapa bagian yang masih perlu diperbaiki. Hasil penelitian ini berupa: 1) cerita yang melatarbelakangi dan prosesi upacara tradisi Sura dalam teks deskriptif Dhukuh Tempuran; 2) nilai sosial budaya teks deskriptif Dhukuh Tempuran; 3) materi ajar teks deskriptif berbahasa Jawa yang dibuat sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa. Materi ajar ini berbentuk buku yang berisi teks deskriptif berbahasa Jawa ragam krama.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Jawa
    Depositing User: Mahayanti Widyaswari Norita
    Date Deposited: 29 May 2019 12:41
    Last Modified: 29 May 2019 12:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43762

    Actions (login required)

    View Item