PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN PERUMAHAN DALAM HAL PEMENUHAN HAK ATAS INFORMASI YANG DITERBITKAN OLEH PENGEMBANG FAJAR GROUP DI KABUPATEN KARANGANYAR

Widyaningrum, Amelya Rizki (2019) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN PERUMAHAN DALAM HAL PEMENUHAN HAK ATAS INFORMASI YANG DITERBITKAN OLEH PENGEMBANG FAJAR GROUP DI KABUPATEN KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (5Mb)

    Abstract

    Penulisan hukum ini bertujuan untuk menganalisis informasi penawaran, promosi dan periklanan perumahan oleh Pengembang Fajar Group ditinjau dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman serta analisis mengenai tanggung jawab Pengembang Fajar Group atas ketidaksesuaian informasi yang diberikan kepada konsumen dengan realisasinya. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif bersifat preskriptif dengan pendekatan undang-undang (statute approach). Bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer, sekunder dan tersier dengan teknik pengumpulan data studi kepustakaan serta melakukan studi lapangan guna klarifikasi langsung pada pihak Pemasaran Pengembang Fajar Group dan konsumen perumahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlindungan hukum konsumen perumahan belum sepenuhnya dilaksanakan dengan maksimal. Pemenuhan hak atas informasi bagi konsumen dirasa masih kurang. Informasi yang diberikan Pengembang belum sepenuhnya sesuai dengan kaidah dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman. Hal ini nampak dengan masih adanya aduan dan komplain konsumen terkait kerusakan fisik bangunan serta ketidakjelasan informasi pada tahap pra transaksi mengenai pembangunan sarana perumahan. Dalam hal konsumen mengalami kerugian, Pengembang Fajar Group telah bertanggung jawab sesuai dengan Pasal 19 UUPK dengan memberikan ganti rugi dan perbaikan atas kerusakan fisik bangunan rumah.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Mahayanti Widyaswari Norita
    Date Deposited: 29 May 2019 11:26
    Last Modified: 29 May 2019 11:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43747

    Actions (login required)

    View Item