ASPEK KEJIWAAN TOKOH UTAMA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL MATA DI TANAH MELUS KARYA OKKY MADASARI SERTA RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Kinanti, Ainidya Marhaenita (2019) ASPEK KEJIWAAN TOKOH UTAMA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL MATA DI TANAH MELUS KARYA OKKY MADASARI SERTA RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (136Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) struktur novel Mata di Tanah Melus karya Okky Madasari; (2) aspek kejiwaan tokoh utama dalam novel Mata di Tanah Melus karya Okky Madasari berdasarkan teori kebutuhan bertingkat Abraham Maslow; (3) nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Mata di Tanah Melus karya Okky Madasari; (4) relevansi kajian psikologi sastra novel Mata di Tanah Melus dengan pembelajaran sastra di sekolah menengah pertama. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra untuk mendeskripsikan aspek kejiwaan tokoh utama dalam novel. Sumber data penelitian ini adalah novel Mata di Tanah Melus karya Okky Madasari yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu noninteraktif. Teknik ini dilakukan dengan melakukan pembacaan secara intensif dan melakukan pencatatan secara aktif dengan motede analisis isi. Validasi data yang digunakan yaitu triangulasi sumber data. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) struktur novel yang terdapat dalam novel Mata di Tanah Melus antara lain tema, tokoh dan penokohan, alur, latar; (2) kebutuhan bertingkat yang sudah dipenuhi dengan baik oleh tokoh utama yaitu kebutuhan fisiologis. Kebutuhan rasa aman, kebutuhan dicintai dan memiliki, kebutuhan penghargaan tokoh Matara belum tercukupi dengan baik. Kebutuhan aktualisasi diri belum dapat tercapai karena kebutuhan di tingkat yang lebih rendah belum tercukupi; (3) nilai pendidikan karakter yang paling dominan dalam novel ini yaitu rasa ingin tahu. Karakter tersebut tercermin dari perilaku Matara yang selalu ingin tahu tentang sejarah dan budaya Belu; (4) Novel ini dapat direlevansikan dengan materi pembelajaran sastra di SMP.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
    Depositing User: Mahayanti Widyaswari Norita
    Date Deposited: 29 May 2019 11:21
    Last Modified: 29 May 2019 11:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43746

    Actions (login required)

    View Item