Analisis Pengaruh Persepsi Kemanfaatan dan Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Penggunaan Sistem Informasi Pemantauan Tugas Akhir (SIPTA) Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer UNS

Prakoso, Adi (2019) Analisis Pengaruh Persepsi Kemanfaatan dan Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Penggunaan Sistem Informasi Pemantauan Tugas Akhir (SIPTA) Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer UNS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (84Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemanfaatan dan persepsi kemudahan terhadap minat penggunaan Sistem Informasi Pemantauan Tugas Akhir (SIPTA). Analisis dilakukan untuk mengetahui hubungan dari persepsi kemanfaatan dan persepsi kemudahan SIPTA terhadap minat penggunaan dari sistem tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu expost facto atau kausal komparatif. Model penelitian yang digunakan merupakan model Technology Acceptance Model (TAM) yang lebih sederhana dengan menggunakan tiga faktor sebagai variabel yaitu Persepsi Kemanfaatan (perceived usefulness), Persepsi Kemudahan (perceived ease of use), dan minat penggunaan (behavioural intetion). Variabel bebas (independent) yaitu persepsi kemanfaatan sebagai varabel pertama (X1) dan persepsi kemudahan sebagai variabel kedua (X2). Sedangkan untuk variabel terikat (dependent) adalah minat penggunaan (Y). Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif untuk menggambarkan data dan analisis regresi linier untuk menguji hipotesis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel persepsi kemanfaatan terhadap minat penggunaan SIPTA dan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel persepsi kemudahan terhadap minat penggunaan SIPTA. Kemudian secara bersama-sama variabel persepsi kemanfaatan dan persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan SIPTA.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
    Depositing User: Mahayanti Widyaswari Norita
    Date Deposited: 29 May 2019 11:15
    Last Modified: 29 May 2019 11:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43745

    Actions (login required)

    View Item