Peningkatan Keaktifan Bertanya dan Hasil Belajar Tema Panas dan Perpindahannya melalui Model Inkuiri Terbimbing pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Wonosari Tahun ajaran 2018/2019

Setyorini, Peni (2019) Peningkatan Keaktifan Bertanya dan Hasil Belajar Tema Panas dan Perpindahannya melalui Model Inkuiri Terbimbing pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Wonosari Tahun ajaran 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (37Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan model inkuiri terbimbing, (2) meningkatkan keaktifan bertanya tema Panas dan Perpindahannya, (3) meningkatkan hasil belajar tema Panas dan Perpindahannya, (4) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keaktifan bertanya dan hasil belajar tema Panas dan Perpindahannya pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Wonosari tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 25 siswa. Data yang digunakan berupa data kualitatif yaitu penerapan inkuiri terbimbing dan keaktifan bertanya, data kuantitatif yaitu tes hasil belajar dan jumlah siswa yang bertanya. Teknik pengumpulan yaitu dengan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data kuantitatif dan kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keaktifan bertanya dan hasil belajar tema Panas dan Perpindahannya dengan langkah-langkah yaitu: (a) orientasi, (b) merumuskan masalah, (c) merumuskan hipotesis, (d) mengumpulkan data, (e) menguji hipotesis, (f) menyimpulkan; (2) model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keaktifan bertanya dilihat dari adanya peningkatan dengan rata-rata keaktifan bertanya pada siklus I yaitu 64,38%, siklus II meningkat menjadi 76,85%, dan siklus III meningkat menjadi 86,53%; (3) model inkuiri terbimbing mampu meningkatkan hasil belajar dilihat dari adanya peningkatan persentase ketuntasan siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia siklus I, II, dan III yaitu 72,0%, 82,0%, dan 92,0%. Peningkatan persentase hasil belajar IPA siklus I yaitu 74,0%, meningkat pada siklus II yaitu 86,0%, dan meningkat pada siklus III yaitu 94,0%; (4) kendala dalam penelitian ini yaitu: (a) siswa masih ragu dalam melakukan percobaan sehingga waktu yang dibutuhkan menjadi lebih lama; (b) siswa bergurau dan pasif ketika diskusi. Adapun solusi dari kendala yang ditemuai yaitu: (a) siswa dibimbing untuk mencermati langkah-langah percobaan yang sudah tersedia dan guru dapat mengelola waktu dengan baik; (b) siswa mendapat bimbingan dari guru supaya tidak bergurau dan aktif pada saat diskusi. Kesimpulan penelitian ini adalah model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keaktifan bertanya dan hasil belajar tema Panas dan Perpindahannya pada siswa kelas V SD Negeri 3 Wonosari tahun ajaran 2018/2019

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Ahadi Muhsin
    Date Deposited: 28 May 2019 20:06
    Last Modified: 29 May 2019 11:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43736

    Actions (login required)

    View Item