Penerapan Metode Total Physical Response (TPR) dalam Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris tentang Thinngs in the Classroom pada Siswa Kelas III SDN 4 Kutosari Tahun Ajaran 2018/2019

Nurhayati, Novi (2019) Penerapan Metode Total Physical Response (TPR) dalam Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris tentang Thinngs in the Classroom pada Siswa Kelas III SDN 4 Kutosari Tahun Ajaran 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (70Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan metode Total Physical Response (TPR) dalam peningkatan hasil belajar bahasa Inggris tentang things in the classroom; (2) meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris tentang things in the classroom melalui metode Total Physical Response (TPR); (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan metode Total Physical Response (TPR) dalam peningkatan hasil belajar bahasa Inggris tentang things in the classroom pada siswa kelas III SDN 4 Kutosari tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilakukan selama tiga siklus dengan lima pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 4 Kutosari tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 26 siswa. Sumber data yang digunakan yaitu siswa dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode Total Physical Response (TPR) dilaksanakan dengan langkah-langkah yaitu: (a) mengenalkan kosakata yang akan diajarkan; (b) mengucapkan kalimat yang menggambarkan kosakata; (c) memperagakan kalimat yang menggambarkan kosakata; (d) mengulangi peragaan disertai dengan mengucapkan kalimat yang menggambarkan kosakata; dan (e) menuliskan kosakata beserta dengan arti dalam bahasa Indonesia; (2) penerapan metode Total Physical Response (TPR) dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris tentang things in the classroom pada siswa kelas III SDN 4 Kutosari tahun ajaran 2018/2019, dilihat dari adanya peningkatan persentase ketuntasan siswa dari 69,23% pada siklus I; pada siklus II meningkat menjadi 82,69%; dan pada siklus III meningkat menjadi 100%; (3) kendala dalam penelitian yaitu: (a) waktu pembelajaran terlalu lama, karena siswa yang memandu teman kelompoknya dalam mengerjakan lembar kerja diskusi bingung; (b) siswa yang duduk di belakang kurang memperhatikan penjelasan guru; (c) siswa kebingungan saat diminta untuk mengucapkan kosakata dan memperagakannya di depan karena siswa belum menghafal kalimat da peragaan yang telah dicontohkan guru; adapun solusi yang diberikan adalah (a) guru memandu siswa dalam mengerjakan lembar kerja diskusi; (b) meningkatkan kemampuan dalam manajemen kelas; (c) menggunakan variasi permainan saat pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode Total Physical Response (TPR) dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris tentang things in the classroom pada siswa kelas III SDN 4 Kutosari tahun ajaran 2018/2019

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Ahadi Muhsin
    Date Deposited: 28 May 2019 19:58
    Last Modified: 29 May 2019 11:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43734

    Actions (login required)

    View Item