Penerapan Model Concept Sentence dengan Media Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan pada Siswa Kelas III SD Negeri Kalikotes Tahun Ajaran 2018/2019

Priyat, Maulida Ajeng (2019) Penerapan Model Concept Sentence dengan Media Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan pada Siswa Kelas III SD Negeri Kalikotes Tahun Ajaran 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (17Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan model concept sentence dengan flashcard untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan; (2) meningkatkan keterampilan menulis karangan ; dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan model concept sentence dengan media flashcard untuk meningkatkan keterampilan menulis pada siswa pada siswa kelas III SD Negeri Kalikotes tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Kalikotes yang berjumlah 29 siswa. Data yang digunakan adalah data kuantitatif berupa nilai tes keterampilan membaca intensif dan data kualitatif berupa hasil observasi dan wawancara tentang penerapan model Concept Sentence dengan media flashcard. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah penerapan model Concept Sentence dengan media flashcard dalam penelitian ini meliputi: (a) penyampaian kompetensi yang akan dicapai; (b) penyampaian materi sesuai dengan kompetensi; (c) pembentukan kelompok secara heterogen dan dan membagikan media flashcard; (d) penyajian kata kunci dengan flashcard; (e) pembuatan kalimat dengan kata kunci yang ada di flashcard; (f) diskusi bersama; dan (g) kesimpulan; (2) penerapan model Concept Sentence dengan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan yang dibuktikan dengan peningkatan nilai tes keterampilan menulis karangan pada setiap siklus. Dari hasil nilai ulangan menulis karangan, diperoleh persentase ketuntasan sebesar 41,4%. Pada siklus I persentase = 31,03%. Pada siklus II persentase = 79,23%. Pada siklus III = 82,79%; (3) Kendala pada penerapan model Concept Sentence dengan media flashcard ialah siswa belum aktif berdiskusi dalam menulis karangan. Adapun solusinya adalah siswa diarahkan dan dibimbing untuk lebih aktif dalam diskusinya. Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model Concept Sentence dengan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa kelas III SD Negeri Kalikotes tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci:CS dengan flashcard, menulis karangan ABSTRACT Maulida Ajeng Priyatnomo.The Application of the Concept Sentence Model with Flashcard Media to Improve Essays Writing Skills in Grade III Students of SD Negeri Kalikotes in Academic Year 2018/2019.Thesis.Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. February 2019. This study aimed to: (1) describe the application of the model concept sentence with flashcard to improve essays writing skills; (2) improve skills Improve essays writing skills; and (3) Describe the constraints and solutions in applying the concept sentence model with flashcard media to improve writing skills for students in class III SD NegeriKalikotes 2018/2019 academic year. This research is a collaborative classroom action research (CAR) carried out inthree cycles. Each cycle consists of four stages, namely: planning, implementation, observation, and reflection. The subjects in this study were Grade III students of the SD NegeriKalikotes totaling 29 students. The data used are quantitative data in the form of the value of intensive reading skills tests and qualitative data in the form of observations and interviews about the application of the Concept Sentence model with flashcard media. Data collection techniques used observation, interviews, and tests. Data validity uses technique triangulation and sources. Data analysis includes data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of the study indicate that: (1) The steps for applying the Concept Sentence model with flashcard media in this study include: (a) the delivery of competencies to be achieved; (b) delivery of material in accordance with competence; (c) heterogeneous group formation and and sharing flashcard media; (d) presenting keywords with flashcard; (e) Making sentences with keywords that are on a flashcard; (f) Joint discussion; and (g) Conclusions; (2) Application of the Concept Sentence model with flashcard media can improve essays writing skills as evidenced by the increase in the value of essays writing skills in each cycle. From the results of the repetition of essayswriting, the percentage of completeness was 41.4%. In the first cycle the percentage = 31.03%. In the second cycle the percentage = 79.23%. In cycle III = 82.79%; (3) Constraints on the application of the Concept Sentence model with flashcard media that appear in succession are students who have not actively from discussion. The solution is students are student can be active for discussion. The conclusions in this study are the application of the Concept Sentence model with flashcard media to improve essays writing skills of Grade III students of SD NegeriKalikotes for the academic year 2018/2019. Keywords: CS with flashcard, writing essays

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Ahadi Muhsin
    Date Deposited: 28 May 2019 19:55
    Last Modified: 29 May 2019 11:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43733

    Actions (login required)

    View Item