Hubungan Motivasi Belajar dan Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN se-Kecamatan Buluspesantren Tahun Ajaran 2018/2019

Umifaiqo, Isnaeniatun (2019) Hubungan Motivasi Belajar dan Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN se-Kecamatan Buluspesantren Tahun Ajaran 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (14Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya: (1) korelasi positif ‎motivasi belajar dengan hasil belajar matematika, (2) korelasi positif kepercayaan ‎diri dengan hasil belajar matematika, (3) korelasi positif motivasi belajar dan ‎kepercayaan diri dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN se-‎Kecamatan Bulusspesantren tahun ajaran 2018/2019.‎ Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN se-Kecamatan ‎Buluspesantren tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V ‎di sembilan SDN yang diambil secara acak dengan teknik pengambilan sampel ‎cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. ‎Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket untuk data variabel ‎motivasi belajar dan data variabel kepercayaan diri dan teknik tes untuk data dari ‎variabel hasil belajar matematika siswa. Analisis data menggunakan uji regresi ‎berganda, uji korelasi berganda dengan taraf signifikan 5%, serta sumbangan ‎efektif untuk mencari sumbangan dari prediktor/variabel bebas.‎ Hasil analisis data menggunakan bantuan program SPSS 21 diperoleh: (1) ‎terdapat korelasi positif motivasi belajar dengan hasil belajar matematika (rx1y ‎hitung 0,681> rtabel 0,121) termasuk kategori erat dan sumbangan efektif sebesar ‎‎37,8, (2) terdapat korelasi positif kepercayaan diri dengan hasil belajar matematika ‎dengan hasil (rx2y hitung 0,547> rtabel 0,121) termasuk kategori erat dan besar ‎sumbangan efektif sebesar 11,3 %, (3) terdapat korelasi positif motivasi belajar ‎dan kepercayaan diri dengan hasil belajar matematika siswa (rx1x2y hitung 0,7 > rtabel ‎‎0,121), dengan koefisien determinasi R2 sebesar 0,491, berarti kontribusi motivasi ‎belajar dan kepercayaan diri siswa dengan hasil belajar matematika adalah 49,1 %.‎ Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan (1) terdapat korelasi ‎positif motivasi belajar dengan hasil belajar matematika; (2) terdapat korelasi ‎positif kepercayaan diri dengan hasil belajar matematika; (3) terdapat korelasi ‎positif motivasi belajar dan kepercayaan diri dengan belajar matematika siswa ‎kelas V SDN se-Kecamatan Kutoarjo tahun ajaran 2018/2019‎

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Ahadi Muhsin
    Date Deposited: 28 May 2019 18:29
    Last Modified: 29 May 2019 11:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43731

    Actions (login required)

    View Item