Hubungan antara Kurangnya Perhatian Keluarga dan Bermain Game Online dengan Tingkat Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas XI SMA N 1 Purbalingga

Pamungkas, Gilang Catur (2019) Hubungan antara Kurangnya Perhatian Keluarga dan Bermain Game Online dengan Tingkat Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas XI SMA N 1 Purbalingga. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (125Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui : (1) hubungan antara kurangnya perhatian keluarga dengan kedisiplinan siswa, (2) hubungan antara bermain game online dengan kedisiplinan belajar siswa, (3) hubungan antara kurangnya perhatian keluarga dan bermain game online dengan kedisiplinan belajar siswa. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Purbalingga. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan cluster sampling. Teknik analisi data yang digunakan adalah analisis statistik dengan regresi linear berganda. Berdasakan hasil penelitian dapat disimpulkan hipotesis pertama “Terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kurangnya perhatian keluarga dengan tingkat kedisiplinan belajar siswa kelas XI SMA N 1 Purbalingga, diterima”. Hal ini dapat dilihat dari analisis data yang menunjukkan nilai (r) sebesar 0,972 dan (p) = 0,000. Hipotesis kedua “Terdapat hubungan negatif yang signifikan antara bermain game online dengan tingkat kedisiplinan belajar siswa kelas XI SMA N 1 Purbalingga, diterima”. Hal ini dapat dilihat dari analisis data yang menunjukkan nilai (r) sebesar 0,892 dan (p) = 0,000. Hipotesis ketiga “Terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kurangnya perhatian keluarga dan bermain game online dengan tingkat kedisiplinan belajar siswa kelas XI SMA N 1 Purbalingga, diterima”. Hal ini dapat dilihat dari analisis data yang menunjukkan nilai (p) = 0,000.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Ahadi Muhsin
    Date Deposited: 28 May 2019 18:20
    Last Modified: 29 May 2019 11:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43728

    Actions (login required)

    View Item