Penerapan Model Think Talk Write untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas III SDN 1 Wonosari Tahun Ajaran 2018/2019

Hidayanti, Cahya (2019) Penerapan Model Think Talk Write untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas III SDN 1 Wonosari Tahun Ajaran 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (60Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan model Think Talk Write untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi; (2) meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui penerapan model Think Talk Write; (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model Think Talk Write untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas III SDN 1 Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilakukan selama tiga siklus. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 1 Wonosari tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 25 siswa. Sumber data yang digunakan yaitu siswa dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model Think Talk Write dilaksanakan dengan langkah-langkah yaitu: (a) penjelasan materi dari guru; (b) pembagian LKS kepada siswa; (c) pembuatan catatan kecil berdasarkan LKS yang didapatkan (Think); (d) pembagian kelompok siswa terdiri dari 3-5 orang; (e) diskusi kelompok membahas isi catatan (Talk); (f) pengonstruksian ide hasil diskusi dalam bentuk tulisan (Write); (g) presentasi kelompok; (h) refleksi dan kesimpulan; (2) penerapan model Think Talk Write dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas III SD N 1 Wonosari tahun ajaran 2018/2019 yang diketahui dari adanya peningkatan persentase rata-rata hasil observasi guru pada siklus I sebesar 75,48%, siklus II sebesar 83,16%, dan siklus III sebesar 91,02%. Peningkatan persentase rata-rata hasil observasi siswa pada siklus I sebesar 71,31%, siklus II sebesar 81,68%, dan siklus III sebesar 89,11%. Persentase rata-rata ketuntasan keterampilan menulis siswa pada siklus I sebesar 52,00%, siklus II sebesar 74,00%, dan siklus III sebesar 88,00%; (3) kendala dalam penelitian ini yaitu: (a) masih sedikit siswa yang berani bertanya; (b) siswa yang lebih pintar mendominasi kegiatan diskusi; (c) siswa tidak fokus dalam memerhatikan penarikan kesimpulan; adapun solusi yang diberikan peneliti adalah (a) guru merangsang siswa untuk bertanya dengan cara memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa terkait dengan materi pembelajaran; (b) memberi teguran untuk siswa yang tidak aktif dalam mengikuti kegiatan diskusi, memperjelas pembagian tugas di dalam kelompok, dan melakukan pergantian anggota kelompok; (c) memusatkan perhatian siswa ketika menyimpulkan hasil diskusi dan mendekati siswa yang tidak fokus secara langsung. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model Think Talk Write dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas III SDN 1 Wonosari tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci: think talk write, keterampilan menulis puisi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Ahadi Muhsin
    Date Deposited: 28 May 2019 18:17
    Last Modified: 29 May 2019 11:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43727

    Actions (login required)

    View Item