Analisis Tingkat Berpikir Geometri Menurut Tahap Berpikir Van Hiele pada Pokok Bahasan Garis dan Sudut Ditinjau Dari Kecerdasan Visual-Spasial

Afifah, Arina Nur (2019) Analisis Tingkat Berpikir Geometri Menurut Tahap Berpikir Van Hiele pada Pokok Bahasan Garis dan Sudut Ditinjau Dari Kecerdasan Visual-Spasial. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (12Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat berpikir geometri siswa menurut tingkat berpikir Van Hiele pada materi garis dan sudut dikelas VII F SMP N 2 Ngemplak Boyolali dengan kecerdasan visual-spasial tinggi, kecerdasan visual-spasial sedang dan kecerdasan visual-spasial rendah. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ditentukan melalui purposive sampling dengan didasarkan dari tingkat kecerdasan visual-spasial siswa, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 siswa dengan kecerdasan visual-spasial tinggi, 2 siswa dengan kecerdasan visual-spasial sedang, dan 2 siswa dengan kecerdasan visual-spasial rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan dasar geometri pada materi garis dan sudut, dan wawancara berbasis tugas. Teknik keabsahan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan dengan tahapan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut. (1) Tingkat berpikir geometri siswa menurut tingkat berpikir Van Hiele dengan kecerdasan visual-spasial tinggi dan kecerdasan visual-spasial sedang berada pada tingkat 2 adalah (a) Dapat memahami hubungan berbagai perbedaan tipe gambar dan dapat meyebutkan persamaan dan perbedaan sifat yang dimiliki oleh berbagai tipe gambar, (b) Dapat membuat definisisecara benardan ringkasuntuk merumuskan kalimatyang menunjukkan keterkaitan bentuk-bentuk geometri, (c) Dapat mengkonstruksi yang terkait dengan ide geometri yang diberikan tadi, (d) Dapat memahami suatu definisi dengan baik serta dapat menggunakan sifat-sifat yang terdapat pada suatu gambar untuk menyelesaikan suatu permasalahan geometri, (e)Dapat memahami konsep model matematika yang di bentuk geometri, (2)Tingkat berpikir geometri siswa menurut tingkat berpikir Van Hiele dengan kecerdasan visual-spasial rendah berada pada tingkat 1 adalah (a) Dapat mengenali perbedaan bentuk geometri dari suatu gambar. (b) Dapat mengelompokkannama yangbenar untuk berbagai bentuk geometri yang diberikandarimenafsirkan kalimatyang menjelaskan keadaan tersebut. (c) Dapat membuat sketsa gambar dengan tepat. (d) Mengetahui dan dapat membayangkan suatu bentuk geometri dalam berbagai posisi. (e) Dapat menyebutkan benda benda di sekelilingnya yang merupakan contoh dari bentuk geometri. Kata Kunci : Ketrampilan Geometri, Hoffer, Tingkat Berpikir, Van Hiele, Kecerdasan Visual-Spasial

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Ahadi Muhsin
    Date Deposited: 28 May 2019 18:11
    Last Modified: 29 May 2019 11:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43725

    Actions (login required)

    View Item