ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL-SOAL TES KOGNITIF URAIAN PADA MATERI HUKUM NEWTON KELAS X MIPA 3 SMA NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Afriyani, Septi (2019) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL-SOAL TES KOGNITIF URAIAN PADA MATERI HUKUM NEWTON KELAS X MIPA 3 SMA NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (11Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: (1) jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019 dalam mengerjakan soal kognitif uraian materi Hukum Newton; (2) penyebab kesalahan siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019 dalam mengerjakan soal kognitif uraian materi Hukum Newton. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik tes, observasi, dan wawancara. Uji validitas data dilakukan dengan triangulasi teknik pengumpulan data untuk menguji kredibilitas data dengan cara mengecek data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda, yaitu melalui teknik tes dan teknik wawancara. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penentuan jenis kesalahan dilakukan dengan prosedur analisis kesalahan Newman Berdasarkan hasil penelitian pada materi Hukum Newton kelas X MIPA 3 SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019 dapat disimpulkan: (1) Jenis kesalahan yang dilakukan siswa adalah kesalahan strategi comprehension (59,03 %), kesalahan strategi transformation (62,21%), kesalahan strategi process skill (64,92 %), kesalahan strategi encoding ability (76,96); (2) penyebab kesalahan siswa dalam mengerjakan soal tes kognitif uraian materi Hukum Newton yaitu (a) kesalahan strategi comprehension disebabkan karena siswa tidak teliti memahami soal, terburu-buru, tidak paham cara menggambar gaya-gaya pada soal, dan tidak paham ketika pembelajaran; (b) kesalahan strategi transformation disebabkan karena siswa tidak mengetahui persamaan yang digunakan, salah memahami konsep, lupa, dan kesalahan pada strategi sebelumnya; (c) kesalahan strategi process skill disebabkan karena siswa tidak teliti menghitung, kurang latihan soal, dan kesalahan pada strategi sebelumnya; (d) kesalahan strategi encoding ability disebabkan karena siswa lupa menuliskan kesimpulan, terburu-buru, dan kesalahan pada strategi sebelumnya. Kata kunci: Analisis Kesalahan Newman, Hukum Newton, Tes Kognitif

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Ahadi Muhsin
    Date Deposited: 28 May 2019 14:37
    Last Modified: 29 May 2019 11:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43718

    Actions (login required)

    View Item