PARTISIPASI PARALEGAL DALAM PENDAMPINGAN HUKUM NON LITIGASI BAGI TENAGA KERJA INDONESIA LUAR NEGERI (STUDI PADA FORUM WARGA BURUH MIGRAN NUSAWUNGU KABUPATEN CILACAP)

Cahyani, Robiat Tri (2019) PARTISIPASI PARALEGAL DALAM PENDAMPINGAN HUKUM NON LITIGASI BAGI TENAGA KERJA INDONESIA LUAR NEGERI (STUDI PADA FORUM WARGA BURUH MIGRAN NUSAWUNGU KABUPATEN CILACAP). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (31Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Partisipasi Paralegal Forum Warga Buruh Migran Nusawungu dalam pendampingan hukum non litigasi bagi tenaga kerja Indonesia di luar negeri, (2) Dampak dari pendampingan hukum non litigasi yang dilakukan oleh paralegal Forum Warga Buruh Migran Nusawungu, (3) Kendala Paralegal Forum Warga Buruh Migran Nusawungu dalam pendampingan hukum non litigasi kepada tenaga kerja Indonesia. Penelitian ini menggunaan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari sarasumber (informan), tempat dan peristiwa, serta dokumentasi. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif dengan tahap-tahap sebagai berikut: (1) reduksi data, (2) Penyajian data, (3) Verifikasi atau penarikan kesimpulan. Adapun prosedur penelitian dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Pemilihan topic kajian, (2) Instrumentasi, (3) Pengurusan penelitian, (4) Pengolahan Data, (5) Hasil Penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa (1) Partisipasi Paralegal Forum Warga Buruh Migran Nusawungu dalam pendampingan hukum non litigasi bagi tenaga kerja Indonesia sudah baik, karena sudah mampu dan berusaha menyelesaikan kasus dan terbukti bahwa sebagian kasus selesai sehingga hak tenaga kerja Indonesia telah terpenuhi namun perlu ditingkatkan lagi karena terdapat kasus yang tidak dapat diselesaikan. Partisipasi paralegal ini ditunjukan dengan beberapa kegiatan dalam mendampingi kasus-kasus Tenaga Kerja Indonesia untuk diselesaikan secara non litigasi yaitu memberikan informasi terkait bekerja diluar negeri, menerima aduan kasus tenaga kerja Indonesia, pendataan kasus tenaga kerja Indonesia,mengumpulkan bukti, membuat surat aduan, mediasi dan negosiasi. (2) Partisipasi paralegal dalam pendampingan hukum memiliki dampak antara lain: kasus selesai, hak tenaga kerja Indonesia terpenuhi,berkurangnya jumlah kasus, meringankan biaya, mendapat informasi terkait bekerja diluar negeri dan cara penyelesaian kasus, win-win solution melalui musyawarah dan kekeluargaan, dan tenaga kerja Indonesia mendapat akses keadilan. (3) Partisipasi Paralegal Forum Warga Buruh Migrant Nusawungu dalam pendampingan hukum non litigasi bagi tenaga kerja Indonesia dipengaruhi oleh beberapa kendala, antara lain: pertama, keterbatasan dana; kedua, keterbatasan sumber daya manusia atau jumlah paralegal; ketiga, pihak pengadu atau tenaga kerja Indonesia dan pihak tergugat sulit diajak bekerja sama. Kata Kunci: Partisipasi, Paralegal, Pendampingan Hukum Non Litigasi, Tenaga Kerja Indonesia, Keadilan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Ahadi Muhsin
    Date Deposited: 28 May 2019 14:34
    Last Modified: 29 May 2019 11:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43717

    Actions (login required)

    View Item