Kajian Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata serta Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra di SMP

Azis, Muhammad Abdul (2019) Kajian Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata serta Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra di SMP. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (4Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pengaruh latar belakang pengarang dalam novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata; (2) tanggapan komunitas pembaca mengenai novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata; (3) nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata; dan (4) relevansi kajian sosiologi sastra dan nilai pendidikan karakter novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata dengan pembelajaran sastra di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis isi. Pendekatan penelitian adalah pendekatan sosiologi sastra dan resepsi sastra. Data dalam penelitian ini berupa frasa, klausa kalimat dan wacana yang terdapat dalam novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata, biografi pengarang, transkrip rekaman talkshow dan hasil wawancara dengan informan. Sumber data penelitian ini adalah novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata, biografi pengarang, talkshow, dan informan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik analisis dokumen dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh latar belakang sosial budaya, keluarga, profesi, pendidikan, dan agama pengarang; (2) Tanggapan pembaca novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata meliputi pembaca ideal dan pembaca biasa. Pembaca ideal berpendapat bahwa novel Sirkus Pohon banyak mengandung pelajaran yang dapat dipetik bagi pembaca sehingga layak untuk dibaca. Pembaca biasa menyatakan bahwa Sirkus Pohon karya Andrea Hirata merupakan novel yang bagus dan menarik; (3) nilai pendidikan karakter yang terkandung melipti, religius, kerja keras, peduli sosial, dan tanggung jawab; dan (4) relevansi kajian sosiologi sastra dan nilai pendidikan karakter novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata dengan pembelajaran sastra di SMP meliputi kesesuaian dengan pedoman penilaian buku pengayaan dari Kemendikbud Indonesia. Kata kunci: sosiologi sastra, nilai pendidikan karakter, pembelajaran sastra

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
    Depositing User: Ahadi Muhsin
    Date Deposited: 28 May 2019 14:00
    Last Modified: 29 May 2019 11:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43711

    Actions (login required)

    View Item