Remediasi Pembelajaran Fisika melalui Model Children Learning In Science (CLIS) untuk Mereduksi Miskonsepsi pada Materi Usaha dan Energi Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 4 Surakarta

Ambarsih, Happy Utami (2019) Remediasi Pembelajaran Fisika melalui Model Children Learning In Science (CLIS) untuk Mereduksi Miskonsepsi pada Materi Usaha dan Energi Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 4 Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (8Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1). memperoleh profil miskonsepsi siswa pada materi Usaha dan Energi, 2). mengetahui seberapa jauh penggunaan Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) untuk mengurangi miskonsepsi siswa pada materi Usaha dan Energi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 4 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan tes berupa tes diagnostik yang dilakukan sebelum dan sesudah pembelajaran remediasi. Sumber data didapat dari hasil tes siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif yang meliputi profil miskonsepsi siswa dan penurunan persentase jumlah siswa yang mengalami miskonsepsi. Hasil penelitian ini menunjukkan profil miskonsepsi yang terjadi pada siswa pada materi usaha dan energi adalah: (1) siswa menganggap keadaan atau panjang lintasan gaya konservatif mempengaruhi besarnya usaha, (2) siswa menganggap bahwa gaya konservatif yang bekerja pada lintasan tertutup menghasilkan usaha dengan nilai tertentu, (3) siswa menganggap ketika hanya gaya konservatif yang bekerja, besarnya energi mekanik nilainya berubah pada kasus benda jatuh dari ketinggian tertentu, (4) siswa beranggapan bahwa ketika benda jatuh dari ketinggian tertentu, energi kinetik benda akan semakin kecil ketika benda mencapai dasar, (5) siswa menganggap energi mekanik nilainya tetap meskipun ada gaya non konservatif yang bekerja. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa: penerapan remediasi dengan menggunakan model Children Learning In Science (CLIS) dapat mereduksi jumlah siswa yang mengalami miskonsepsi pada materi usaha dan energi. Penurunan persentase siswa yang mengalami miskonsepsi materi usaha dan energi sebesar 21.13%. Pada sub materi konsep usaha, persentase siswa yang mengalami miskonsepsi berkurang sebesar 25.5%. Pada sub materi energi potensial gravitasi, persentase siswa yang mengalami miskonsepsi berkurang sebesar 14%. Pada sub materi energi kinetik, persentase siswa yang mengalami miskonsepsi berkurang sebesar 13.2%. Pada sub materi energi mekanik, persentase siswa yang mengalami miskonsepsi berkurang sebesar 16.14%. Kata Kunci: pembelajaran remediasi, Children Learning In Science, Miskonsepsi, Usaha dan energi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Ahadi Muhsin
    Date Deposited: 28 May 2019 13:42
    Last Modified: 29 May 2019 11:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43708

    Actions (login required)

    View Item