PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GEOGRAFI BERBASIS ADOBE FLASH PROFESSIONAL CC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL PESERTA DIDIK KELAS X IPS SMA N SRAGEN TAHUN 2017/2018

Wijayanti, Agustiani (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GEOGRAFI BERBASIS ADOBE FLASH PROFESSIONAL CC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL PESERTA DIDIK KELAS X IPS SMA N SRAGEN TAHUN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (8Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Agustina Wijayanti. K5414004. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GEOGRAFI BERBASIS ADOBE FLASH PROFESSIONAL CC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL PESERTA DIDIK KELAS X IPS SMA N 2 SRAGEN TAHUN 2017/2018 (Materi Dinamika Atmosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret, Januari 2019. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kebutuhan peserta didik dan guru terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif geografi untuk meningkatkan kemampuan spasial, (2) Mengetahui pengembangan media pembelajaran interaktif geografi berbasis Adobe Flash Profesional CC untuk meningkatkan kemampuan spasial peserta didik, (3) Mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif geografi untuk meningkatkan kemampuan spasial peserta didik, dan (4) Mengetahui efektivitas media pembelajaran interaktif geografi untuk meningkatkan kemampuan spasial peserta didik pada materi Dinamika Atmosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan di Kelas X SMAN 2 Sragen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Dick and Carey yang telah dilakukan penyederhanaan dan penggabungan dari 9 langkah menjadi 4 langkah yaitu analisis instruksional, pengembangan produk, evaluasi formatif, dan evaluasi sumatif, yang menjadi parameter hasil pengembangan ini adalah peningkatan kemampuan spasial peserta didik yang dianalisis menggunakan uji T dengan taraf kepercayaan 5%. Sebelum dilakukan analisis uji T, dilakukan terlebih dahulu uji normalitas dan homogenitas terhadap kedua kelas yang digunakan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) kebutuhan peserta didik terhadap media pembelajaran geografi berbasis Adobe Flash Professional CC didapatkan dari data analisis kebutuhan berupa gaya belajar peserta didik, pengalaman menggunakan media, visualisasi huruf dan visualisasi warna, (2) pengembangan media pembelajaran dirancang berdasarkan hasil analisis kebutuhan basis Adobe Flash Professional CC dengan mengemas materi secara ringkas dan menarik, (3) kelayakan media pembelajaran geografi berbasis Adobe Flash Professional CC pada penelitian ini dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran dikarenakan dalam validasi ahli materi memperoleh modus 3 (kategori cukup dalam skala Likert), dan validasi media serta uji coba pada peserta didik memperoleh modes 4 (kategori baik dalam skala Likert), dan (4) efekivitas media pembelajaran interaktif geografi berbasis Adobe Flash Professional CC dinyatakan lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan spasial dibuktikan dengan hasil pretest dan posttest yang lebih tinggi pada kelas eksperimen dibanding dengan kelas kontrol yang menggunakan media Power Point. Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Adobe Flash Professional CC, Kemampuan Spasial

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Ahadi Muhsin
    Date Deposited: 28 May 2019 12:54
    Last Modified: 29 May 2019 11:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43703

    Actions (login required)

    View Item