PENGARUH EFIKASI DIRI DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS SEBELAS MARET ANGKATAN TAHUN 2014-2017

Syukur, Abdul (2019) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS SEBELAS MARET ANGKATAN TAHUN 2014-2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (33Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Abdul Syukur. K7614001. PENGARUH EFIKASI DIRI DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS SEBELAS MARET ANGKATAN TAHUN 2014-2017. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) menguji pengaruh efikasi diri dan lingkungan keluarga terhadap prestasi minat menjadi guru pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret tahun angkatan 2014-2017, 2) menguji pengaruh efikasi diri terhadap minat menjadi guru pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret tahun angkatan 2014-2017, dan 3) menguji pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret tahun angkatan 2014-2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret tahun angkatan 2014-2017. Teknik pengambilan sampel adalah proportionate stratified random sampling. Jumlah sampel adalah 74 responden. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi berganda sebesar Y = 10,022 + 0,361X1 + 0,118X2. Koefisien regresi bernilai positif artinya efikasi diri berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru dan lingkungan keluarga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru. Hal ini berarti semakin baik efikasi diri mengakibatkan semakin tinggi minat menjadi guru dan semakin tinggi pengaruh lingkungan keluarga mengakibatkan semakin tinggi minat menjadi guru. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas <0,05 (0,000<0,05), (2) lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas <0,05 (0,000<0,05), (3) efikasi diri dan lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas <0,05 (0,000<0,05) dan nilai R square sebesar 25%. Hal ini menunjukkan bahwa 25% minat menjadi guru dipengaruhi oleh efikasi diri dan lingkungan keluarga, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian. Kata kunci: efikasi diri, lingkungan keluarga, minat menjadi guru. ABSTRACT Abdul Syukur. K7614001. THE INFLUENCE OF SELF EFICATION AND FAMILY ENVIRONMENT TOWARD INTEREST BECOMING A TEACHER IN ECONOMIC EDUCATION OF SEBELAS MARET UNIVERSITY FORCE YEAR 2014-2017. Thesis, Surakarta: The Faculty of Teacher Training and Education of Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2019. The aims of this research are: 1) to determine the influence of self efication toward the interest becoming a teacher in economic education of sebelas maret university force year 2014-2017, 2) to determine the influence of family environment toward the interest becoming a teacher in economic education of sebelas maret university force year 2014-2017, and 3)to determine the influence of self efication and family envirinment toward interest becoming a teacher in economic education of sebelas maret university 2014-2017. This research is a quantitative research. The population of the research was Students Economic Educaion Of Sebelas Maret University Force Year 2014-2107. The sampling technique used was propotional random sampling. The number of samples was 74 respondents.The data collection methods used were interview questionnaire and documentation. The data analysis technique used was multiple linear regression. The result of the research shows that the equity of the multiple regression is Y = 10,002 + 0,361 X1 + 0,118 X2. The regression coefficient is positive which means that self efication positively and significantly influential toward the intereset becoming a teacher and family environment is positively and significantly influential toward the interest becoming a teacher. It means that the better self efication, the higher the interest becoming a teacher will be and the higher the influence of family environment is, the higher the interest becoming a teacher will be. Based on the result of the research, it can be concluded that: (1)self efication positively and significantly influential toward the interest becoming a teacher which is shown by the probability value of <0.05 (0.000<0.05),(2)family education is positively and significantly influential toward the interest becmoning a teacher which is shown by the probability value of <0.05 (0.000<0.05),(3) self efication and family environment simultaneously is positively and significantly influential toward the interest becoming a teacher which is shown by the probability value of <0.05 (0.000<0.05) and R square value of 25%. It is shown that 25% of the interest becoming a taecher is influenced by efication and family environment, while the rest is influenced by other factors not mentioned in this research. Keywords: Self Efication, Family Environment, Interest Becoming A Teacher.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 27 Apr 2019 09:06
    Last Modified: 27 Apr 2019 09:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43696

    Actions (login required)

    View Item