Partisipasi Anggota Muda Taruna Jopaten dalam Kegiatan Karang Taruna (Studi Deskriptif di Jopaten, Poncosari, Srandakan, Bantul, Yogyakarta)

NURJANAH, ISMU (2019) Partisipasi Anggota Muda Taruna Jopaten dalam Kegiatan Karang Taruna (Studi Deskriptif di Jopaten, Poncosari, Srandakan, Bantul, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (64Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ismu Nurjanah. K6413036. PARTISIPASI ANGGOTA MUDA TARUNA JOPATEN DALAM KEGIATAN KARANG TARUNA (Studi Deskriptif di Jopaten, Poncosari, Srandakan, Bantul, Yogyakarta. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penyebab partisipasi anggota Muda Taruna Jopaten dalam kegiatan Karang Taruna rendah; (2) Faktor yang mempengaruhi partisipasi anggota Muda Taruna Jopaten; (3) Upaya Muda Taruna Jopaten dalam meningkatkan partisipasi anggotanya. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Validitas data dengan menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Tahap penelitian meliputi; (1) Pra penelitian, (2) Penelitian, (3) Analisis data, dan (4) Penyusunan laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penyebab partisipasi anggota Muda Taruna Jopaten rendah yaitu kurangnya rasa percaya diri anggota dalam menyampaikan pendapat saat rapat; dan beberapa kegiatan Muda Taruna Jopaten diselenggarakan bukan pada hari libur. (2) Faktor yang mempengaruhi partisipasi anggota Muda Taruna meliputi faktor yang mendorong partisipasi yakni keberadaan Muda Taruna yang dianggap penting, perubahan positif yang dirasakan anggota setelah berpartisipasi, adanya penghargaan sosial atas partisipasi anggota, dan adanya dukungan untuk berpartisipasi dari orang tua, teman, pemerintah, dan masyarakat. Sedangkan untuk faktor yang menghambat partisipasi yakni hambatan internal berupa sulitnya anggota diajak bersosialisasi dan tidak adanya teman untuk berangkat kegiatan. Hambatan eksternal berupa adanya kepentingan lain dan jarak rumah anggota dengan lokasi kegiatan yang diselenggarakan pada malam hari. (3) upaya yang diterapkan Muda Taruna Jopaten dalam meningkatkan partisipasi anggotanya berupa menerapkan sanksi (punishment); menanyakan pendapat pada masing-masing anggota saat rapat; dan menginformasikan ulang tentang kegiatan-kegiatan kepada anggota. Kata Kunci : Partisipasi, Karang Taruna

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 27 Apr 2019 09:04
    Last Modified: 27 Apr 2019 09:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43694

    Actions (login required)

    View Item