PARTISIPASI WARGA DALAM FORUM REMBUK KLASTER ROTAN SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA TRANGSAN, KECAMATAN GATAK, KABUPATEN SUKOHARJO

Damayanti, Ika (2019) PARTISIPASI WARGA DALAM FORUM REMBUK KLASTER ROTAN SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA TRANGSAN, KECAMATAN GATAK, KABUPATEN SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (11Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ika Damayanti. K6413034. PARTISIPASI WARGA DALAM FORUM REMBUK KLASTER ROTAN SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA TRANGSAN, KECAMATAN GATAK, KABUPATEN SUKOHARJO. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2019. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui penyebab rendahnya partisipasi warga dalam Forum Rembuk Klaster Rotan, (2) untuk mengetahui dampak dari rendahnya partisipasi warga dalam kegiatan Forum Rembuk Klaster Rotan terhadap kehidupan sosial ekonomi pengrajin, dan (3) untuk mengetahui strategi meningkatkan partisipasi warga dalam kegiatan Forum Rembuk Klaster Rotan sebagai upaya pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah informan, peristiwa atau aktivitas dan dokumen. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data dan penyusunan data melalui wawancara, observasi, dan analisi dokumen. Peneliti menggunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode untuk mendapatkan data yang valid. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan model interaktif yaitu: (1) pengumpulan data (2) reduksi data (3) sajian data dan (4) penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian ini mengikuti langkah-langkah: (1) pra lapangan, (2) pelaksanaan lapangan, (3) analisis lapangan dan (4) penyusunan laporan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan: (1) Penyebab partisipasi warga dalam forum rembuk klaster rotan rendah yaitu kurang meratanya undangan yang dibagikan oleh forum kepada pengrajin, kurangnya kepercayaan diri pengrajin untuk mengusulkan ide-ide dalam forum, mayoritas pengrajin yang sudah lanjut usia,dan rendahnya kemauan anak muda untuk menjadi generasi penerus sebagai pengrajin, faktor pekerjaan dan penghasilan yang masih rendah, hambatan struktural, hambatan administratif dan hambatan sosial. (2) Partisipasi yang rendah dalam kegiatan forum rembuk klaster rotan memiliki dampak dibidang ekonomi pengrajin yaitu rendahnya penghasilan yang di dapat oleh pengrajin, dan dibidang sosial pengrajin yaitu kurangnya komunikasi antar pengrajin sehingga menyebabkan pengrajin yang tidak aktif akan ketinggalan informasi terkait desain yang kreatif. (3) Strategi yang dilakukan oleh pengurus adalah pengupayaan pendanaan, pengubahan jadwal pelaksanaan forum, perbaikan penyampaian informasi dan kegiatan pemberdayaan masyarakat sehingga membuka kesempatan pengrajin dan warga untuk ikut dan aktif berpartisipasi dalam kegiatan forum rembuk klaster rotan. Kata Kunci: Partisipasi warga, forum rembuk klaster rotan, pemberdayaan masyarakat.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 27 Apr 2019 08:57
    Last Modified: 27 Apr 2019 08:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43692

    Actions (login required)

    View Item