Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Media Film Dokumenter Untuk Meningkatkan Solidaritas Sosial dan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018

Ratnawati, Ratnawati (2019) Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Media Film Dokumenter Untuk Meningkatkan Solidaritas Sosial dan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (89Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan solidaritas sosial dan prestasi belajar sejarah pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Surakarta dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan media film dokumenter. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Surakarta yang berjumlah 31 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa dan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan teknik tiangulasi yaitu tiangulasi data (sumber) dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Prosedur penelitian menggunakan model penelitian tindakan kelas yang terdiri dari penyusunan rencana (Planning), tindakan (Acting), pengamatan (Observing), dan refleksi (Reflection). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) penerapan model Problem Based Learning dengan media film dokumenter dapat meningkatkan solidaritas sosial siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Hal ini dapat dilihat dari hasil presentase ketercapaian indikator dari angket solidaritas sosial. Pada tahap prasiklus presentase solidaritas sosial dengan kategori tinggi sebesar 7.14%. Pada Siklus I ketercapaian indikator sebesar 57.14% dan pada Siklus II meningkat menjadi 86.7%, perolehan ini telah melampaui target yang ditetapkan yaitu 75%; (2) penerapan model Problem Based Learning dengan media film dokumenter dapat meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan nilai hasil tes kognitif (nilai KKM 75). Pada tahap prasiklus jumlah siswa yang tuntas sebesar 25%. Pada Siklus I siswa yang tuntas sebesar 53.57% dan pada Siklus II meningkat menjadi 83.33%, hasil ini telah melampaui target yang ditentukan sebesar 75%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning dengan media film dokumenter dapat meningkatkan solidaritas sosial dan prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Kata kunci: Problem Based Learning, film dokumenter, solidaritas sosial, prestasi belajar sejarah.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 27 Apr 2019 08:52
    Last Modified: 27 Apr 2019 08:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43689

    Actions (login required)

    View Item