PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING MENGGUNAKAN DESAIN PEMBELAJARAN ASSURE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X DPIB A SMKN 4 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2017/2018

SAFITRI, MARLINA DWI (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING MENGGUNAKAN DESAIN PEMBELAJARAN ASSURE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X DPIB A SMKN 4 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (89Kb)

    Abstract

    PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING MENGGUNAKAN DESAIN PEMBELAJARAN ASSURE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X DPIB A SMKN 4 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2017/2018 Marlina Dwi Safitri1, Roemintoyo2, Rima Sri Agustin2 Email: marlinadwisafitri@gmail.com ABSTRAK Proses pembelajaran di sekolah saat ini lebih terfokus pada guru yang menyebabkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Hal ini berdampak pada kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan sehingga prestasi belajar menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif Model Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan Problem Posing menggunakan desain pembelajaran ASSURE terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas X DPIB A SMK Negeri 4 Sukoharjo yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari penilaian kognitif, psikomotor dan afektif. Uji validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan Problem Posing menggunakan desain pembelajaran ASSURE dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X DPIB A SMKN 4 Sukoharjo. Pencapaian ketuntasan hasil belajar siswa menunjukkan persentase ketuntasan ranah kognitif awalnya 16,67% menjadi 46,67% pada siklus I dan 70% pada siklus II; ranah psikomotor awalnya 26,67% menjadi 46,67% pada siklus I dan 73,33% pada siklus II; ranah afektif awalnya 23,33% menjadi 43,33% pada siklus I dan 70% pada siklus II. Kata kunci: Think Pair Share, Problem Posing, ASSURE, prestasi belajar siswa 1Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP UNS 2Dosen Pengajar Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP UNS INFLUENCE OF COOPERATIVE LEARNING THINK PAIR SHARE (TPS) WITH PROBLEM POSING APPROACH USING ASSURE LEARNING DESIGN ON STUDENT LEARNING ACHIEVEMENTS OF THE ENGINEERING MECHANICS SUBJECT IN SMK NEGERI 4 SUKOHARJO LESSON YEAR 2017/2018 Marlina Dwi Safitri1, Roemintoyo2, Rima Sri Agustin2 Email: marlinadwisafitri@gmail.com ABSTRACT The learning process in schools is currently more focused on teachers which causes students to be less active in learning. This has an impact on the lack of student understanding of the material being taught so that learning achievement becomes low. This study aims to determine the effect of cooperative learning Think Pair Share (TPS) Model with Problem Posing approach using ASSURE learning design on student learning achievement. This research is a classroom action research conducted in class X DPIB A of SMK Negeri 4 Sukoharjo, amounting to 30 students. This research was conducted in two cycles. Each cycle consists of the stages of planning, implementation, observation and reflection. The research instrument used consisted of cognitive, psychomotor and affective assessments. The test validity of the data in this study using data triangulation. The results showed that the application of the Think Pair Share (TPS) cooperative learning model with the Problem Posing approach using the ASSURE learning design could improve the learning achievement of class X DPIB A students of SMK 4 Sukoharjo. Achievement of student learning outcomes showed the percentage of completeness of the cognitive domain initially 16.67% to 46.67% in the first cycle and 70% in the second cycle; the psychomotor domain was initially 26.67% to 46.67% in the first cycle and 73.33% in the second cycle; the affective domain was initially 23.33% to 43.33% in the first cycle and 70% in the second cycle. Keywords: Think Pair Share, Problem Posing, ASSURE, student learning achievement 1Student of Building Engineering of Education FKIP UNS 2Lecturer of Building Engineering of Education FKIP UNS

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 27 Apr 2019 08:30
    Last Modified: 27 Apr 2019 08:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43681

    Actions (login required)

    View Item