PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE PROBLEM BASED LEARNING (CPBL) DISERTAI SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH SISWA KELAS XI MIPA DI KAWASAN PESISIR DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

IMANINGTYAS, CITRA (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE PROBLEM BASED LEARNING (CPBL) DISERTAI SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH SISWA KELAS XI MIPA DI KAWASAN PESISIR DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (98Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji pengaruh model pembelajaran Cooperative Problem Based Learning (CPBL) disertai Scaffolding terhadap kemampuan berpikir ilmiah siswa kelas XI di daerah pesisir, Daerah Istimewa Yogyakarta; (2) menguji pengaruh Kawasan pesisir terhadap kemampuan berpikir ilmiah siswa kelas XI MIPA; (3) mengetahui interaksi antara model pembelajaran CPBL disertai Scaffolding , dan kawasan pesisir terhadap kemampuan berpikir ilmiah siswa. Penelitian merupakan penelitian eksperimen (experimental research). Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA yaitu SMA Negeri 1 Panggang, SMA Negeri 1 Srandakan, dan SMA Negeri 1 Temon. Subyek penelitian kemudian dibagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Variabel bebas dari penelitian eksperimen ini yaitu model pembelajaran. Kelas Eksperimen menggunakan model pembelajaran CPBL disertai scaffolding, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ekspositori.. Variabel terikat penelitian ini yaitu kemampuan berpikir ilmiah. Desain penelitian menggunakan Posttest-only Control Design. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir ilmiah yang terdiri dari 25 item soal pilihan ganda yang mengandung aspek: inquiry, analisis, inferensi, dan argumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui uji prasyarat dan uji hipoTesis. Uji prasyarat berupa uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji Levene’s, sedangkan uji hipoTesis menggunakan uji anava dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh model CPBL disertai scaffolding terhadap kemampuan berpikir ilmiah sebesar 0,036; 0,007 dan 0,00. Terdapat pengaruh kawasan pesisir terhadap kemampuan berpikir ilmiah siswa sebesar 0,017; 0,022 dan 0,000. Terdapat interaksi model CPBL disertai scaffolding dan kawasan pesisir I terhadap kemampuan berpikir ilmiah siswa sebesar 0,002. Tidak terdapat interaksi model CPBL disertai scaffolding dan kawasan pesisir II dan III terhadap kemampuan berpikir ilmiah siswa sebesar 0,352 dan 0,777. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh CPBL disertai scaffolding terhadap kemampuan berpikir ilmiah siswa; 2) Terdapat pengaruh kawasan pesisir terhadap kemampuan berpikir ilmiah siswa; 3) Terdapat interaksi model CPBL disertai scaffolding dan kawasan pesisir I terhadap kemampuan berpikir ilmiah siswa I; 4) Tidak terdapat interaksi model CPBL disertai scaffolding dan kawasan pesisir II dan III terhadap kemampuan berpikir ilmiah siswa. Kata Kunci: Kemampuan berpikir ilmiah, model cooperative problem based learning (CPBL) disertai scaffolding.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Nisa' Khoirun
    Date Deposited: 12 Apr 2019 08:32
    Last Modified: 12 Apr 2019 08:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43674

    Actions (login required)

    View Item