Analisis Teori Interaksionisme Simbolik Pada Konsep Maskulinitas Mahasiswa Universitas Sebelas Maret

Nur Sayekti, Imelda (2019) Analisis Teori Interaksionisme Simbolik Pada Konsep Maskulinitas Mahasiswa Universitas Sebelas Maret. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (149Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Imelda Nur Sayekti. ANALISIS TEORI INTERAKSIONISME SIMBOLIK PADA PENGAPLIKASIAN KONSEP MASKULINITAS MAHASISWA UNIVERSITAS SEBELAS MARET. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2019 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pandangan mahasiswa mengenai maskulinitas Universitas Sebelas Maret; (2) pengaplikasian konsep maskulinitas dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi untuk menghasilkan dan mengolah data penelitian yang sifatnya deskriptif, seperti transkrip wawancara dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa laki-laki yang berada di lingkungan Universitas Sebelas. Informan yang terpilih adalah beberapa mahasiswa yang telah dipilih dari beberapa fakultas yang berbeda untuk memperkaya jawaban-jawaban dari penelitian. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik wawancara dan observasi tentang kehidupan mahasiswa Universitas Sebelas Maret selama berada di lingkungan kampus dalam memahami dan mengaplikasikan konsep maskulinitas yang ada dalam dirinya.. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data (data reduction), sajian data (data display) dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data (conclution drawing). Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, pandangan , pandangan maskulinitas yang ada di lingkungan Universitas Sebelas Maret sangatlah beragam dapat dilihat dari keberagaman pengaplikasian maskulin dalam kehidupan sehari-hari. Dapat dilihat dari perilaku yang ditunjukan saat berada di kampus, mahasiwa berusaha menunjukan konsep maskulin yang ada yang terbentuk dari hasil belajar saat berada di lingkungan kampus Universitas Sebelas Maret. Kedua, pengaplikasian konsep maskulin dalam kehidupan sehari-hari ini memiliki perbedaan saat berada di lingkungan Universitas Sebelas Maret dan saat berada di luar lingkungan kampus. Saat berada di kampus mahasiswa mnerapkan konsep maskulin yang mereka percayai masih melihat dengan nilai dan norma yang berlaku di lingkungan kampus. Tidak serta merta mengaplikasikan yang ada dalam diri mereka. Hal ini juga dipengaruhi oleh lingkungan fakultas tempat mereka belajar. Setiap fakultas memiliki karakteristik tersendiri dan cara tersendiri dalam mengaplikasikan maskulinitas tersebut. Kata Kunci :maskulinitas, mahasiswa, simbol ABSTRAC Imelda Nur Sayekti. ANALYSIS OF THE THEORY OF SYMBOLIC INTERACTIONISM IN THE APPLICATION OF THE CONCEPT OF MASCULINITY OF SEBELAS MARET UNIVERSITY STUDENT. Thesis, Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret University Surakarta, January 2019 This study aims to determine (1) the views of masculinity university student of March; (2) the application of the concept of masculinity in everyday life at the University of March. This study uses a phenomenological method for produce and process the research data descriptive nature, such as transcripts of interviews and observations. The population in this study were all male students who were in the neighborhood Eleven University. Informants were selected were a few students who have been selected from several different faculties to enrich answers from research. The collection of data carried out by interview and observation of the life of students at the Sebelas Maret University while on campus in understanding and applying the concept of masculinity that was in him .. Data analysis is done by means of data collection, data reduction (data reduction), data ( Data display) and conclusion or verification of data (conclution drawing). The results of this study are as follows. First, the view, the view of masculinity in the environment of the Sebelas Maret University so diverse it can be seen from the diversity of masculine application in everyday life. Can be seen from the behavior shown while on campus, students try to show that there is a masculine concept formed from the study while at the University campus environment of March. Second, the application of the concept of masculine everyday life go-between these differences while at the University of March and when outside the campus. While at the student campus imposed a masculine concept in which they believe they see the value and norms on campus. Does not necessarily apply existing within them. It is also influenced by the school environment where they studied. Each faculty has its own characteristics and its own way of applying these masculinity. Keywords : Masculinity, student, symbol

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: Nisa' Khoirun
    Date Deposited: 12 Apr 2019 08:22
    Last Modified: 12 Apr 2019 08:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43671

    Actions (login required)

    View Item