PENGARUH PENILAIAN AUTENTIK DAN KONVENSIONAL TERHADAP KOMPETENSI SISWA PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMK

Puspitasari, Fitriana (2019) PENGARUH PENILAIAN AUTENTIK DAN KONVENSIONAL TERHADAP KOMPETENSI SISWA PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMK. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (192Kb)

    Abstract

    Skripsi ini mengkaji pengaruh penilaian autentik dan konvensional terhadap kompetensi siswa pada pembelajaran akuntansi di SMK. Penelitian ini dilakukan terhadap peserta didik program khusus akuntansi SMK Negeri 1 Banyudono dengan sampel siswa-siswi kelas X AK 1, dan X AK 2. Teknik menentukan sampel penelitian menggunakan metode simple random sampling dengan cara pengambilan undian. Usaha yang dilakukan dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design dengan desain pretest and posttest group desaign. Berdasarkan data yang telah diperoleh selama penelitian maka analisis yang dilakukan untuk menguji pengaruh penilaian autentik dan konvensional dengan dua tahapan yaitu, uji prasayarat dan uji hipotesis. Pada uji prasayarat terdapat dua komponen yang harus dilalui yaitu uji normalitas dengan menggunakan rumus liliefors, dan yang kedua adalah uji homogentias menggunakan rumus levene’s. Pada bagian uji hipotesis menggunakan paired samples t-test dan independent samples t-test dengan bantuan program SPSS 21, (α = 0,05). Hasil penelitian yang dilakukan pada skripsi ini menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara penilaian autentik terhadap kompetensi siswa pada pembelajaran akuntansi di SMK (0,001; 0,004; 0,000< 0,05); 2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara penilaian konvensional terhadap kompetensi siswa pada pembelajaran akuntansi di SMK (0,554;0,012; 0,179< 0,05); 3) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara penilaian autentik dan konvensional terhadap kompetensi siswa pada pembelajaran akuntansi di SMK (0,000; 0,042; 0,000< 0,05).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Nisa' Khoirun
    Date Deposited: 12 Apr 2019 08:18
    Last Modified: 12 Apr 2019 08:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43670

    Actions (login required)

    View Item