EFEKTIVITAS MEDIA REALIA DAN BLOK PECAHAN TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG MATERI PECAHAN (Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas IV se-Gugus R.A. Kartini Teras Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018).

FAUZIYAH TRISNAWATI, DITA (2019) EFEKTIVITAS MEDIA REALIA DAN BLOK PECAHAN TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG MATERI PECAHAN (Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas IV se-Gugus R.A. Kartini Teras Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (117Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Dita Fauziyah Trisnawati. K7114038. EFEKTIVITAS MEDIA REALIA DAN BLOK PECAHAN TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG MATERI PECAHAN (Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas IV se-Gugus R.A. Kartini Teras Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret, Maret 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media realia dan blok pecahan terhadap kemampuan berhitung materi pecahan. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD se-Gugus R.A. Kartini Teras Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel penelitian dilakukan dengan teknik random sampling, sampel yang terpilih adalah SD Negeri Banjarsari, SD Negeri 1 Teras, SD Negeri Barengan dan SD Negeri 2 Teras. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain Randomized control-group pretest-posttest design. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan efektivitas penggunaan media blok pecahan dan media realia dengan perbandingan rata-rata 76,125; 72 dan dibuktikan dari hasil uji-t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh –ttabel < thitung < ttabel (-1,993 < 1,254 < 1,993). Artinya penggunaan media blok pecahan lebih efektif apabila dibandingkan dengan media realia terhadap kemampuan berhitung materi pecahan. Kata kunci : media realia, blok pecahan, kemampuan berhitung materi pecahan. ABSTRACT Dita Fauziyah Trisnawati. K7114038. EFFECTIVITY OF REALIA MEDIA AND FRACTION BLOCKS TOWARD FRACTION MATERIAL NUMERACY (An Experimental Research at The Fourth Grade Students of Elementary School in Cluster R.A. Kartini Teras Boyolali Academic Year 2017/2018). Minithesis, Surakarta : Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University, Maret 2019. This study aims to determine the effectivity of realia media and fraction blocks toward fractional material numeracy. The population and sample used in this research is all fourth grade students of elementary school in cluster R.A. Kartini Teras Boyolali academic year 2017/2018. The sample of the research was done by random sampling, the selected samples are SD Negeri Banjarsari, SD Negeri 1 Teras, SD Negeri Barengan and SD Negeri 2 Teras. This research used quasi experimental research method with randomized control-group pretest-posttest design. Technique of collecting data using test and documentation method. The analysis technique that used is t-test with significance level 5%. The result that there are differences in the effectivity of fraction blocks and realia media with an average ratio of 76,125 and 72 and proven from the results of the t-test with significance level of 5% obtained -ttable < tcount < ttable (-1,993 < 1,254 < 1,993). The use of fraction blocks is more effective than realia media toward fraction material numeracy. Keywords : realia media, fraction blocks, fraction material numeracy.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Nisa' Khoirun
    Date Deposited: 12 Apr 2019 08:13
    Last Modified: 12 Apr 2019 08:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43669

    Actions (login required)

    View Item