PENGARUH PENGGUNAAN METODE FERNALD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN ANAK TUNAGRAHITA KELAS II SLB PANCA BAKTI MULIA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019

WIDIAMOKSA, GARIT (2019) PENGARUH PENGGUNAAN METODE FERNALD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN ANAK TUNAGRAHITA KELAS II SLB PANCA BAKTI MULIA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (14Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Garit Widiamoksa. K5114020. PENGARUH PENGGUNAAN METODE FERNALD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN ANAK TUNAGRAHITA KELAS II SLB PANCA BAKTI MULIA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan IImu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Januari 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Fernald dalam meningkatkan keterampilan menulis permulaan siswa tunagrahita kelas II SLB Panca Bakti Mulia Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan desain pre-experimental berbentuk one group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 5 orang siswa tunagrahita kelas II di SLB Panca Bakti Mulia Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019 yang ditentukan menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian menggunakan tes tertulis bentuk jawaban singkat yaitu tes tertulis menebalkan kata, menyalin kata, dan melengkapi kata. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis tes rangking bertanda (Wilcoxon Sign Rank Test). Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, diketahui nilai Zhitung = -2,060 dengan Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,039 yang berada di bawah taraf signifikansi (p < 0,05). Hasil tersebut menunjukan bahwa metode Fernald berpengaruh untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan siswa tunagrahita kelas Il di SLB Panca Bakti Mulia Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Kata kunci: Metode Fernald, siswa tunagrahita, keterampilan menulis permulaan. ABSTRACT Garit Widiamoksa. K5114020. THE INFLUENCE OF FERNALD METHOD TO INCREASE EARLY WRITING SKILL OF STUDENTS WITH INTELLECTUAL DEVELOPMENTAL DISORDER IN GRADE II OF SLB PANCA BAKTI MULIA SURAKARTA ACADEMIC YEAR OF 2018/2019. Skripsi, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty of Sebelas Maret University, December 2018. This research aims to determine the influence of Fernald method to increase early writing skill of students with intellectual developmental disorder in grade II of SLB Panca Bakti Mulia Surakarta in academic year 2018/2019. This research used pre-experimental design with one group pretest-posttest design. The sample of this research is five students with intellectual developmental disorder in II grade of SLB Panca Bakti Mulia Surakarta in academic year 2018/2019, using saturation sampling technique. The research instrument uses a written test in the form of a short answer, namely a written test that thickens words, copies words, and completes words. The results of this study were analyzed using a signed ranking test (Wilcoxon Sign Rank Test). Based on the data analysis that has been done, it is known that the value of Zcount = -2,060 with Asymp. Sig. (2-tailed) of 0.039 which is below the significance level (p <0.05). These results indicate that the Fernald method has an effect on improving the writing skills of beginning class II students with intellectual developmental disorder at SLB Panca Bakti Mulia Surakarta Academic Year 2018/2019. Keywords: Fernald method, students with intellectual developmental disorder, early writing skill.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
    Depositing User: Nisa' Khoirun
    Date Deposited: 12 Apr 2019 08:09
    Last Modified: 12 Apr 2019 08:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43668

    Actions (login required)

    View Item