PENGEMBANGAN BUKU AJAR KIMIA BERBASIS KEIMANAN UNTUK MA DAN SMA-IT

THIO F, HERDIKA (2019) PENGEMBANGAN BUKU AJAR KIMIA BERBASIS KEIMANAN UNTUK MA DAN SMA-IT. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (76Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Salah satu tujuan Pendidikan Nasional Indonesia dalam UU No 20 Tahun 2003 adalah menjadikan manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tujuan Pendidikan khusunya nilai keimanan tersebut harus terimplementasikan ke dalam seluruh elemen pendidikan. Buku ajar merupakan elemen penting dalam pendidikan. Khususnya dalam mata pelajaran kimia, buku ajar yang beredar di pasaran belum mencerminkan nilai keimanan. Oleh sebab itu perlu dikembangkan buku ajar kimia berbasis keimanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengembangkan buku ajar kimia berbasis keimanan untuk MA dan SMA-IT dan (2) mengetahui kelayakan buku ajar kimia berbasis keimanan untuk MA dan SMA-IT. Dalam penelitian ini dikembangkan buku ajar kimia berbasis keimanan mengikuti langkah Borg dan Gall (1983) serta mengadaptasi nilai keimanan dari Zarman (2012) yaitu (1) menyebutkan asma Allah ke dalam kalimat yang dianggap tidak mengkui eksistensi-Nya dalam penciptaan atau pengaturan objek di materi kimia, (2) menghubungkan temuan ilmiah dalam kimia dengan ayat Alquran dan Hadist yang terkait, (3) mencantumkan amalan yang terkait dengan materi setelah mempelajarinya (4) mencantumkan ilmwuan muslim yang berpengaruh di bidang kimia, dan (5) mencantumkan adab-adab dalam menuntut ilmu kimia. Hasil dari penelitian ini yaitu buku ajar kimia berbasis keimanan yang telah dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran di MA maupun SMA-IT dengan predikat bagus.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Nisa' Khoirun
    Date Deposited: 12 Apr 2019 07:50
    Last Modified: 12 Apr 2019 07:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43664

    Actions (login required)

    View Item