Studi Komparasi Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berkombinasi Drill and Practice dan Problem Solving Berbantuan Peer Tutoring Ditinjau dari Kemampuan Metakognisi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Stoikiometri Kelas X MIPA SMA N 1 Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017

CHOIRUNNISA, CITRA (2019) Studi Komparasi Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berkombinasi Drill and Practice dan Problem Solving Berbantuan Peer Tutoring Ditinjau dari Kemampuan Metakognisi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Stoikiometri Kelas X MIPA SMA N 1 Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (608Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran TAI berkombinasi Drill and Practice dan Problem Solving berbantuan Peer Tutoring terhadap prestasi belajar padaOmateri Stoikiometri,(2) pengaruh kemampuan metakognisi terhadap prestasi belajar pada materi stoikiometri,(3) interaksi antara model pembelajaran TAI berkombinasi Drill and Practice dan Problem Solving berbantuan Peer Tutoring dengan kemampuan metakognisi terhadap prestasi belajar pada materi stoikiometri. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Subjek penelitian iniDyaitu siswa kelas X MIPA 4 dan X MIPA 6 SMA N 1 Boyolali tahun ajaran 2016/2017 yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Analisis Variansi (ANAVA) Dua Jalan dan uji Kruskal Wallis. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran TAI berkombinasi Drill and Practice dan Problem Solving berbantuan Peer Tutoring terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan, tetapi tidak terdapat pengaruh terhadap aspek sikap dan keterampilan pada materi stoikiometri. (2) Tidak terdapat pengaruh kemampuan metakognisi terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan, aspek sikap dan keterampilan pada materi stoikiometri. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran TAI berkombinasi Drill and Practice dan Problem Solving berbantuan Peer Tutoring dengan kemampuan metakognisi terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan pada materi stoikiometri.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Nisa' Khoirun
    Date Deposited: 12 Apr 2019 07:46
    Last Modified: 12 Apr 2019 07:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43663

    Actions (login required)

    View Item