Efektivitas Konseling Realitas untuk meningkatkan Penerimaan Diri Peserta Didik Broken Home Kelas VIII di SMP Negeri 1 Jaten

FATMAWATI, ENDAH (2019) Efektivitas Konseling Realitas untuk meningkatkan Penerimaan Diri Peserta Didik Broken Home Kelas VIII di SMP Negeri 1 Jaten. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (93Kb)

    Abstract

    Endah Fatmawati, EFEKTIVITAS KONSELING REALITAS UNTUK MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI PESERTA DIDIK BROKEN HOME KELAS VIII SMP NEGERI 1 JATEN. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2019. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan konseling realitas untuk meningkatkan penerimaan diri peserta didik broken home kelas VIII di SMP Negeri 1 Jaten. Penelitian menggunakan desain penelitian eksperimen jenis eksperimen kasus tunggal atau single case eksperimental designs dengan desain A-B. Subjek penelitian yang digunakan pada penelitian ini meliputi dua kriteria keadaan broken home pada peserta didik, yaitu : orang tua sudah bercerai, dan salah satu orang tua meninggal dunia. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi. Teknik analisis yang digunakan ada dua macam yaitu analisis statistik dengan menggunakan presentase peningkatan, dan analisis klinis dengan menggunakan evaluasi subjek dari validasi sosial. Hasil dari analisis statistik pada kedua subjek penelitian adalah 52,20% dan 58,33%. Hal tersebut berarti treatment yang dilaksanakan efektif digunakan untuk meningkatkan perilaku penerimaan diri individu. Sedangkan pada hasil analisis klinis menyatakan ada perubahan pada penerimaan diri subjek penelitian lebih baik dari sebelumnya. Simpulan dari penelitian ini adalah konseling realitas efektif digunakan untuk meningkatkan penerimaan diri peserta didik broken home SMP. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan manfaat kepada pihak sekolah untuk memberikan perhatian lebih baik pada peserta didik broken home. Guru BK diharapkan mampu memfasilitasi konseling untuk peserta didik broken home lain untuk meningkatkan penerimaan diri dan berdampak positif pada pencapaian prestasi. Kepada peneliti lain, hasil penelitian dapat dijadikan acuan dalam melakukan penelitian sejenis dan diharapkan penelitian ini memberikan wawasan mengenai konseling untuk peserta didik broken home SMP. Kata kunci : penerimaan diri, peserta didik broken home, konseling realitas

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Nisa' Khoirun
    Date Deposited: 12 Apr 2019 07:42
    Last Modified: 12 Apr 2019 07:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43662

    Actions (login required)

    View Item